BDR Rabu, 25 Agustus 2021
Tema : 2. Udara Bersih Bagi Kesehatan
Sub Tema : 2. Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan
Sub Tema : 2. Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Dasar:
Matematika
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan
penyebut berbeda.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua
pecahan dengan penyebut berbeda.
Pengurangan dua
pecahan campuran
berpenyebut berbeda
Apakah Ananda sudah sarapan pagi ini? Jangan sampai
melewatkan sarapan. Tidak banyak yang tahu bahwa
melewatkan sarapan juga berdampak buruk bagi
kesehatan. Setelah sarapan jangan lupa berolah raga
ringan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan.
Kemarin, Ananda sudah membaca link yang telah
dikirim tentang bagaimana menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan.
Pada hari ini kita akan melakukan Kembali
pengurangan dua pecahan campuran berpenyebut
berbeda.
Ada baiknya Ananda mengingat Kembali bagaimana
cara menyelasaikan pengurangan dua pecahan
campuran berpenyebut berbeda pada video berikut:
https://youtu.be/pdClbHbXZMQ
Bagaimana videonya? Pastinya Ananda semakin
memahami cara menyelesaikan pengurangan dua
pecahan campuran berpenyebut berbeda.
Tugas Ananda selanjutnya adalah mengerjakan soal
cerita berikut:
1. Ibu membeli 5 ½ kg tepung telor. Kemudian 3 ¾ kg
telor dipakai membuat kue. Berapa sisa telor yang
dimiliki ibu?
Jawab:
Jadi .....
2. Lala memiliki pita yang panjangnya 4 ½ meter. Ia
memberikannya kepada Labiba 2 1⁄5 meter. Berapa
meter sisa pita yang dimiliki Lala?
Jawab :
Jadi....
3. Maida membeli beras 4½ kg. kemudian ia memasak
beras beras tersebut 3¾ kg. Berapa kg sisa beras yang dimiliki
Maida?
Tulis jawaban pada buku tugas! Jika sudah selesai foto
hasilnya dan kirimkan ke WA Guru kelas
Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
3.1 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.1 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan
dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan
kosakata baku.
Kata tanya mengapa
Hari ini kita akan membuat pertanyaan dengan kata tanya
“mengapa” berdasarkan kelanjutan bacaan cerpen “Asap”
bagian 2.
Bacalah cerpen berikut!
ASAP
( Bagian 2 )
https://pintarinah.blogspot.com/
Beberapa waktu kemudian.., Tiba-tiba terdengar ibu terbatuk-batuk dari dapur, kemudian disusul aku
yang juga ikut terbatuk-batuk karena kamarku terkepung asap pekat yang mengepul masuk dari sela-sela
luar jendela yang terbuka. Rasanya cukup sesak di dada. Aku berlari ke arah sumber asap dan ternyata asap
datang dari belakang rumah.
“ Ya Allah Mas Anton sedang apa?” tanyaku melihat mas Anton terbatuk-batuk dan tangannya sibuk
mengusir asap di sekelilingnya. Ku toleh ke arah sebuah tabunan api, kelihatannya mas Anton tengah
membakar sampah daun-daun setengah basah dan ranting-ranting kering. Asap sampah dibakar itu begitu
pekat. Udara jadi tercemar karena asap.
“I..i..iya Retno, aku bakar sampah dan daun-daun yang berserakan itu.” Kata mas Anton gugup sambil terus
menghindari asap yang makin mengepul dan api yang makin membesar melahap ranting.
“ Retno... cepat sini bantu ibu ambil air!” kata Ibu dari dalam rumah, “ Iya bu...” sahutku. “Mas Anton! Ayo
cepat bantu padamkan apinya, ini bahaya loh mas banyak pohon pohon lebat disana takut apinya nyamber”
Ujarku pada mas Anton. Mas Anton kelihatan panik dan tambah gugup, ia berlari mengambil air yang ibu
tampung di kolam kamar mandi. “Byurrrrr” suara air menyiram tabunan terdengar bergantian, cukup lama
sampai akhirnya api pun mati. “Alhamdulillah ya allah.. mati juga apinya Retno.” Kata Mas Anton kelelahan
dan duduk seraya menyelonjorkan kakinya.
“
Aduh mas, lain kali nanya dulu dong! Mana tumpukan nya menggunung sekali itu, ya ampun.” Seruku
pada mas Anton sambil terengah engah bolak balik lari ke dalam kamar mandi dari dalam rumah ke halaman
belakang.
“ Sudah, sudah Retno, Mas Anton kan gak paham, jangan dimarahi terus” Kata ibu melerai. “ Lain kali
nanya dulu mas, lagian bangun tidur itu cuci muka dulu, atau mandi ke’ trus makan dulu, biar bisa berpikir
jernih.” Tambahku. “Retno...” panggil ibu lirih, “ Iya bu...maaf.” sahutku.
“
Begini loh mas, di sini ada caranya, untuk mengelola atau membakar sampah daun-daun yang berserakan
tersebut. Pertama yang sering dilakukan Paklik ( Ayah Retno) dan warga sini adalah menggali lubang yang
cukup besar dan dalem di tanah, dikumpulkan sampah dan daunnya baru dibakar di dalam lubang itu, tiga
hari atau seminggu sekali. Itupun harus jauh dari letak pohon-pohon lebat di halaman belakang ini. Nah cara
lainnya kadang daun daun yang basah dan membusuk, dipilih dan dikumpulkan oleh Paklik untuk di olah di
jadikan pupuk. Begitu mas....” ujar ibu menjelaskan kepada Mas Anton.
“ Ooh baik bude, maafkan Anton ya. Lain kali Anton akan bertanya dulu sebelum betindak dalam hal
apapun. “ Ujar Mas Anton terlihat menyesal “Nah gitu dong, jangan langsung main bakar aja mas.” Gerutuku
pada mas Anton. “ Iya...maafin mas, ya Retno!” ujar mas Anton memohon,
Aku jadi kasihan juga melihatnya apalagi teringat dengan wajah panikanya tadi, jadi serentak saja ku beri
senyuman maaf padanya. Begitulah, karena di sini udara sangat bersih dan belum tercemar, kekhawatiran
dan ketakutanku memang agak sedikit berlebihan. “Aku juga minta maaf ya mas, tadi agak keterlaluan
menegurnya,...hehe” Ujarku balik memohon maaf padanya. Mas Anton melontarkan senyuman, seri
kosong-kosong. “Tos!” kataku sambil mengangkat sebelah tangan dan melebarkan telapak tanganku, Mas
Anton membalas Tos ku. Ibu tersenyum melihat kami. “Mas Anton mau mandi dulu?” tanya ibu pada mas
Anton. “Kruuuuuk,..” perut Mas Anton berbunyi menjawab pertanyaan ibu. Kami pun semua
menjadi terbahak-bahak mendengarnya. “ Ya sudah, ayo kita makan siang dulu! “ Kami bangkit dan berjalan
menuju meja makan.
Selesai
Tugas Ananda sekarang adalah :
1. Bacalah dengan cermat dan teliti Cerpen “ Asap “ Bagian
2 yang ada pada lampiran!
2. Buatlah 3 kalimat tanya dengan kata tanya “Mengapa”
dan sertakan jawabannya berdasarkan isi Cerpen yang sudah Ananda baca!
Kerjakan pada buku tugas kalian! Setelah selesai foto dan
kirimkan hasil tugas Ananda ke WA Guru kelas.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link
bacaan berikut! untuk bahan kegiatan pembelajaran besok.
Perhatikan dengan seksama dan siapkan alat tulis untuk
mencatat apabila ada hal-hal penting di dalamnya.
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu
bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar