BDR Kamis, 26 Agustus 2021
Tema : 2. Udara Bersih Bagi Kesehatan
Sub Tema : 2. Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan
Sub Tema : 2. Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan
Semester : I (Ganjil )
Kompetensi Dasar :
IPA
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara
memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia. manusia atau hewan
Diafragma pernapasan
pada manusia
Ananda, Kita bernapas untuk menghirup oksigen.
Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik dan
asap rokok mencemari udara. Udara tercemar
menyebabkan ketersediaan oksigen menipis sehingga
kita merasa sesak saat bernapas.
Pernapasan terjadi apabila paru-paru mengembang
dan mengempis dengan bantuan otot-otot tulang
rusuk dan otot-otot diafragma.
Dan tahukah Ananda saat kita menguap, kita
membuka mulut lebar-lebar dan bernapas lebih
dalam. Ketika kita kurang dalam menarik napas saat
lelah, karbon dioksida menumpuk di paru-parumu.
Menguap mengeluarkan karbon dioksida dari dalam
tubuhmu.
Sekarang simak video pada tautan link berikut :
Selanjutnya tugas Ananda adalah :
1. Siapkan alat tulis dan buku gambarmu!
2. Gambarlah proses pernapasan manusia pada
saat menghirup udara dan menghembuskan
udara seperti pada contoh video!
Bila sudah selesai poto hasilnya dan kirimkan ke WA Guru kelas.
Kompetensi Dasar :
PPKn
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menuliskan contoh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Sikap-sikap yang tidak
sesuai dengan Pancasila
sila ke 2 dan 3
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kita telah
mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila
sila ke 2 dan 3 di rumah dan masyarakat. Perilaku yang
sesuai dengan nilai Pancasila baik untuk kita lakukan.
Sebaliknya kita hindari perilaku yang tidak sesuai dengan
nilai Pancasila.
Sekarang, Ananda berkesempatan untuk berdiskusi dengan
ayah bunda untuk menuliskan pengalaman yang pernah
kalian lihat tentang sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila
yang harus kita hindari, baik di lingkungan rumah, sekolah,
maupun masyarakat!
Tugas Ananda adalah :
Kerjakan pada buku tugas kalian! Setelah selesai, foto dan
kirimkan hasil tugas Ananda ke WA Guru kelas.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari
link bacaan berikut! untuk bahan kegiatan pembelajaran
besok. Perhatikan dengan seksama dan siapkan alat tulis
untuk mencatat apabila ada hal-hal penting di dalamnya.
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu
bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar