BDR Kamis, 26 Agustus 2021

Tema        : 2. Udara Bersih Bagi Kesehatan 
Sub Tema : 2. Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan 
Semester  : I (Ganjil )

Kompetensi Dasar  :
IPA 
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. 
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia. manusia atau hewan

Diafragma pernapasan pada manusia

Ananda, Kita bernapas untuk menghirup oksigen. Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik dan asap rokok mencemari udara. Udara tercemar menyebabkan ketersediaan oksigen menipis sehingga kita merasa sesak saat bernapas. 

Pernapasan terjadi apabila paru-paru mengembang dan mengempis dengan bantuan otot-otot tulang rusuk dan otot-otot diafragma. 

Dan tahukah Ananda saat kita menguap, kita membuka mulut lebar-lebar dan bernapas lebih dalam. Ketika kita kurang dalam menarik napas saat lelah, karbon dioksida menumpuk di paru-parumu. Menguap mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuhmu. 
Sekarang simak video pada tautan link berikut : 

                 https://youtu.be/LWPIa11buS4 

Selanjutnya tugas Ananda adalah : 
1. Siapkan alat tulis dan buku gambarmu! 
2. Gambarlah proses pernapasan manusia pada saat menghirup udara dan menghembuskan udara seperti pada contoh video! 
Bila sudah selesai poto hasilnya dan kirimkan ke WA Guru kelas.


Kompetensi Dasar  :
PPKn 
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila. 3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
4.1 Menuliskan contoh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Sikap-sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila sila ke 2 dan 3

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengidentifikasi sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila sila ke 2 dan 3 di rumah dan masyarakat. Perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila baik untuk kita lakukan. Sebaliknya kita hindari perilaku yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila. 

Sekarang, Ananda berkesempatan untuk berdiskusi dengan ayah bunda untuk menuliskan pengalaman yang pernah kalian lihat tentang sikap yang tidak sesuai dengan Pancasila yang harus kita hindari, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat! 

Tugas Ananda adalah :
Kerjakan pada buku tugas kalian! Setelah selesai, foto dan kirimkan hasil tugas Ananda ke WA Guru kelas. 

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link bacaan berikut! untuk bahan kegiatan pembelajaran besok. Perhatikan dengan seksama dan siapkan alat tulis untuk mencatat apabila ada hal-hal penting di dalamnya. 


Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa! 

Terima kasih, sampai jumpa besok!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA