BDR Senin, 9 Agustus 2021

Tema         : 2. Udara Bersih Bagi Kesehatan 
Sub Tema  : 1. Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih 
Semester   : I (Ganjil)

Kompetensi Dasar:
IPA 
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia. 
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia. manusia atau hewan.

Alat Pernapasan Pada Hewan

Ananda, tidak terasa hari ini kita telah memasuki Tema dua yaitu Udara Bersih Bagi Kesehatan. Minggu lalu pastinya Ananda telah membaca teks bacaan pada link yang dikirimkan, Kalian telah mempelajari bahwa hewan ada yang hidup di darat, di air, atau di darat dan di air. Alat pernapasan setiap hewan bermacam-macam sesuai dengan tempat hidupnya. Ayo ingat kembali beberapa contoh organ pernapasan pada hewan. 

Sekarang, simak video pada tautan link berikut berikut! 

      https://youtu.be/oyQ1BvaB4i8 

Bagaimana? Menarik bukan Videonya. Selanjutnya, ayo kita berpetualang! bermain TekaTeki Silang yang sangat seru pada lampiran di bawah ini! 

 TEKA TEKI SILANG

Pertanyaan Menurun 
1. Bernapas dengan paru, binatang mirip beruang, hidup di china. 
2. Binatang memiliki belalai, bernapas dengan paru. 
3. Binatang reptile berukuran besar, bernapas dengan paru. 
4. Binatang Amfibi, bisa melompat bernapas dengan paru dan kulit. 

Pertanyaan Mendatar 
1. Hewan berambut, memiliki duri tajam bernapas dengan paru. 
2. Penghisap darah bernapas dengan trakea. 
3. Unggas yang popular untuk lauk, bernapas dengan paru. 
4. Nama Ikan Hias bernapas dengan Insang.


Kerjakan dengan teliti soal yang ada pada Teka-Teki silang tersebut agar mendapat hasil yang memuaskan. Bila sudah selesai poto hasilnya dan kirimkan ke WA Guru kelas.

Kompetensi Dasar:
SBdP 
3.1 Memahami gambar cerita 
4.1 Membuat gambar cerita

Komik

Bagaimana Ananda, asyik bukan bermain Teka-teki silang? Seru sekali ya! Permainan tadi dapat mengasah otak menjadi lebih cerdas, kalian memang hebat. 

Pada video kegiatan 1 kalian telah menyaksikan beberapa gambar-gambar yang menarik di dalamnya. Untuk lebih seru lagi ayo simak video selanjutnya! 

https://youtu.be/VKyq3GQaW9I 

Bagaimana Ananda? Sangat menarik bukan videonya? Ananda, pastinya sudah mengamati salah satu contoh gambar cerita di akhir video tadi. 

Tugas Ananda sekarang adalah menjawab pertanyaan berikut! 
1. Jenis contoh gambar cerita apakah yang Ananda lihat pada akhir video tadi? 
2. Dari hasil pengamatanmu, terdapat hal-hal apa saja, yang kamu lihat di dalamnya? 
3. Sebutkan langkah-langkah menggambar cerita! 

Bila sudah selesai foto hasilnya dan kirimkan ke WAG kelas. 

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link bacaan berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran besok. Perhatikan dengan seksama dan siapkan alat tulis untuk mencatat apabila ada hal-hal penting di dalamnya. 

https://pintarinah.blogspot.com/2021/08/hadiah-dariayah.html 

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa! 
Terima kasih, sampai jumpa besok!









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG