BDR Kamis, 5 Agustus 2021

Tema         : 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia) 
Sub Tema  : 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) 
Semester    : I (Ganjil)

Kompetensi Dasar:
IPS 
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 
4.1 Menyajikan hasil Identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara Kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

Pengaruh Kondisi geografis Indonesia sebagai negara Agraris terhadap kehidupan                                                                                           ekonomi 

Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks bacaan tentang “Pengaruh Kondisi Georafis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kegiatan Ekonomi”, pada link yang telah dikirim kemarin. 

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris, hal ini karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Usaha agraris meliputi kegiatan pertanian dan perkebunan. 

Pertanian dan perkebunan mempunyai kontribusi penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap pemenuhan kebutuhan pokok kita. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat video pada tautan berikut ini!

 https://youtu.be/Bip3CPIU7RA 

Sekarang mari kita jawab pertanyaan berikut!. 
1. Meliputi kegiatan apa saja usaha agraris di Indonesia? 
2. Apa pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara agraris terhadap ekonomi Indonesia? 3. Adakah usaha agraris di sekitar tempat tinggalmu? sebutkan! 

Tuliskan di buku tugasmu kemudian foto dan kirimkan ke WA Guru kelas.

Kompetensi Dasar:
Bahasa Indonesia 
3.1 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. 
4.1 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

Kata tanya siapa

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar tentang kata tanya siapa. Ya, betul, kata tanya siapa digunakan untuk menanyakan orang atau subjek (pelaku) yang terlibat dalam satu peristiwa. Mari kita memperdalam pemahaman kita tentang kata tanya siapa dengan melihat video pada pada tautan berikut ini! 

  https://youtu.be/J5Ik-XH9k1E

Setelah menyimak video pembelajaran tentang penggunaan kata tanya Siapa, selanjutnya Ananda  bacalah teks berikut!


Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan. 

Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. 

Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau. 

Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan ladangnya. “Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah. 

“Selamat pagi, Beni. Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,” 
jawab pak Anto. 

“Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni. 

“Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit. Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto. 

Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil panen kali ini sangat bagus, bentuknya bulat dan besar. “Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto. “Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja... he... he.... ” canda Beni. “Ah, bisa saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto. “Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto. “Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni. 

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.

Selanjutnya tugas Ananda adalah : 
1. Buatlah kalimat tanya menggunakan kata tanya siapa berdasarkan penggalan teks bacaan!
2. Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat! 
3. Gunakankah pertanyaan dan jawaban tersebut untuk bertanya jawab dengan anggota keluargamu! 

Videokan proses tanya jawab Ananda, kemudian kirimkan video hasilnya ke WA Guru kelas! 

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link bacaan berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran besok. 
https://drive.google.com/file/d/19Wx7O8HflpZGNMTM3 b2VMOztmQBWY9OD/view?usp=sharing 

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa! 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG