BDR Kamis, 5 Agustus 2021
Tema : 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia)
Sub Tema : 3 (Lingkungan dan Manfaatnya)
https://youtu.be/Bip3CPIU7RA
Sub Tema : 3 (Lingkungan dan Manfaatnya)
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Dasar:
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil Identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
Kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
Pengaruh Kondisi geografis
Indonesia sebagai
negara Agraris terhadap
kehidupan ekonomi
Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks bacaan
tentang “Pengaruh Kondisi Georafis Indonesia sebagai
Negara Maritim terhadap Kegiatan Ekonomi”, pada link
yang telah dikirim kemarin.
Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga
dikenal sebagai negara agraris, hal ini karena sebagian
besar penduduk Indonesia mempunyai mata pencaharian
sebagai petani. Usaha agraris meliputi kegiatan pertanian
dan perkebunan.
Pertanian dan perkebunan mempunyai kontribusi
penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap
pemenuhan kebutuhan pokok kita.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat video pada tautan
berikut ini!
https://youtu.be/Bip3CPIU7RA
Sekarang mari kita jawab pertanyaan berikut!.
1. Meliputi kegiatan apa saja usaha agraris di
Indonesia?
2. Apa pengaruh karakteristik geografis Indonesia
sebagai negara agraris terhadap ekonomi
Indonesia?
3. Adakah usaha agraris di sekitar tempat
tinggalmu? sebutkan!
Tuliskan di buku tugasmu kemudian foto dan kirimkan ke
WA Guru kelas.
Bahasa Indonesia
3.1 Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.1 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang
dikelompokkan dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana menggunakan kosakata baku
Kata tanya siapa
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar
tentang kata tanya siapa. Ya, betul, kata tanya siapa
digunakan untuk menanyakan orang atau subjek (pelaku)
yang terlibat dalam satu peristiwa.
Mari kita memperdalam pemahaman kita tentang kata
tanya siapa dengan melihat video pada pada tautan
berikut ini!
https://youtu.be/J5Ik-XH9k1E
Setelah menyimak video pembelajaran tentang penggunaan kata tanya Siapa, selanjutnya Ananda bacalah teks berikut!
Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan
pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih
sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.
Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja
sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku
setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu
yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni
senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang
semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang
siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau.
Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah
pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan
ladangnya.
“Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah.
“Selamat pagi, Beni.
Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,”
jawab pak Anto.
“Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni.
“Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit.
Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto.
Selesai membantu mengemas selada, Beni membantu Pak Anto memanen kol. Hasil
panen kali ini sangat bagus, bentuknya bulat dan besar. “Alhamdulillah, Beni. Hasil
panen kali ini sangat bagus,” sahut pak Anto. “Benar sekali, Pak. Bentuknya sudah
seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja... he... he.... ” canda Beni. “Ah,
bisa saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto. “Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak
Anto. “Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima
umpan lho, Pak”, sahut Beni.
Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang,
dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan
semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.
Selanjutnya tugas Ananda adalah :
1. Buatlah kalimat tanya menggunakan kata tanya siapa
berdasarkan penggalan teks bacaan!
2. Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat!
3. Gunakankah pertanyaan dan jawaban tersebut untuk
bertanya jawab dengan anggota keluargamu!
Videokan proses tanya jawab Ananda, kemudian kirimkan
video hasilnya ke WA Guru kelas!
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari
link bacaan berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran besok.
https://drive.google.com/file/d/19Wx7O8HflpZGNMTM3
b2VMOztmQBWY9OD/view?usp=sharing
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Komentar
Posting Komentar