BDR Kamis, 19 Agustus 2021
Tema : 2 (Udara Bersih Bagi Kesehatan)
Sub Tema : 2 (Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan)
Sub Tema : 2 (Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan)
Semester : I (Ganjil)
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi Dasar :
IPA
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia,
serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia.
4.1 Membuat model sederhana organ pernapasan manusia. manusia atau
hewan.
Alat Pernapasan Manusia
Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks bacaan
yang tentang Alat pernapasan manusia pada link yang
telah dikirim kemarin.
Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam
tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen dibutuhkan
untuk mendapatkan energi dari makanan. Energi itu
menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat
penting pada tubuh.
Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring,
laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru
(alveolus).
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat video pada tautan
berikut ini!
https://youtu.be/zzIHWA3kCy4
Setelah kamu melihat tayangan video selanjutnya
jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa saja 7 alat pernapasan pada manusia dan
fungsinya?
2. Jelaskan bagaimana proses pernapasan manusia!
3. Apa pentingnya bernapas bagi manusia?
Kerjakan di buku gambar kalian! Setelah selesai, foto dan
kirimkan ke WA Guru Kelas
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
Bahasa Indonesia
3.1 Mengklasifikasi informasi yang didapatdari buku ke dalam aspek: apa, dimana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.1 Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang
dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana menggunakan kosakata baku.
Kata Tanya Mengapa
Ananda, Pada pembelajaran sebelumnya kita telah
belajar tentang kata tanya Apa,di mana dan siapa. Kali ini
kita akan belajar kata tanya mengapa. Kata tanya
mengapa digunakan dalam membuat kalimat tanya untuk
menanyakan sebab atau alasan suatu peristiwa terjadi.
Jawaban atas pertanyaan dengan kata tanya mengapa
ditandai dengan adanya kata karena atau sebab.
Mari kita simak video pada tautan berikut ini untuk lebih
jelasnya!
https://www.youtube.com/watch?v=o-GrT-UD2QE
Setelah kamu melihat tayangan video tugas kamu
selanjutnya adalah bacalah teks berikut!
Siang itu, Siti, Dayu, dan Edo berjalan bersama sepulang sekolah.
Mereka berjalan sepanjang tepi jalan raya. Tiba-tiba sebuah mobil
melewati mereka. Mobil itu mengeluarkan asap tebal dan hitam. Udara
di sekitarnya pun langsung berwarna kelabu. Dayu jadi terbatuk-batuk.
Siti dan Edo segera menutup mulut dan hidung mereka. “Kita berhenti
dulu sebentar, teman-teman. Uhuk... uhuk...”, pinta Dayu kepada Siti
dan Edo. “Baiklah. Kita berteduh di bawah pohon rindang itu saja,” ajak
Siti. Dayu, Siti, dan Edo lalu berjalan menuju pohon rindang. Mereka
berhenti sejenak di bawah kerimbunan daun pohon itu. Dayu
menengadahkan kepalanya, lalu menghirup napas. “Aaah... Segarnya
udara di bawah pohon ini. Aku tidak batuk-batuk lagi,” kata Dayu
Sumber : Buku Siswa Tematik terpadu Kelas V Tema 2 Udara bersih Bagi Kesehatan Revisi 2017
Tugas Ananda sekarang:
1. Buatlah 3 kata tanya dengan kata tanya mengapa berdasarkan teks?
2. Berilah jawaban dari pertanyaan yang kamu buat !
Kerjakan di buku tugas kalian! Setelah selesai, kirimkan
jawaban ke WA Guru Kelas.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari
link berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran
selanjutnya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Terima kasih, sampai jumpa hari besok!
Komentar
Posting Komentar