Teks Ekplanasi " Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 Selasa, 13 Oktober 2020


Kalian tahu tidak, bulan Oktober adalah bulannya Bahasa Indonesia, karena di bulan ini Bahasa Indonesia disepakati sebagai Bahasa Persatuan Bangsa Indonesia. Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari teks eksplanasi. Kalian tentunya sudah paham sekali ya tentang teks eksplanasi. Tentunya setiap bahasa yang digunakan dalam teks eksplanasi menggunakan kosakata yang baku serta kalimat yang efektif. 

Sekarang, yuk, kita membaca teks eksplanasi berikut ini! 

MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH 

          Sistem daya tahan tubuh bisa dipahami secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit. 

          Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, Anda memerlukan asupan vitamin C dari makanan setiap hari untuk kesehatan yang berkelanjutan. 

          Paprika termasuk bahan makanan yang juga kaya akan kandungan vitamin C. Jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berguna juga untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Sementara, beta karoten paprika yang diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi, bisa membantu menjaga kesehatan mata. 

          Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A Vitamin C Vitamin E. Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini, yaitu dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya. Brokoli bahkan lebih baik lagi dikonsumsi secara langsung setelah melewati proses pembersihan. 

          Bawang putih bisa ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Bahan makanan ini ternyata tak hanya dapat meningkatkan cita rasa makanan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah, dan ada bukti lemah bahwa itu membantu menurunkan tekanan darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin. 

          Bayam termasuk jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi lewat penguatan sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, konsumsi bayam paling sehat adalah dengan cara dimasak sesederhana mungkin sehingga bisa mempertahankan kandungan nutrisinya. 

          Tak hanya nikmat, konsumsi sup ayam juga berguna untuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan air dalam sajian makanan ini dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Sementara ayam atau kalkun, kaya akan vitamin B-6. Sekitar 3 ons daging ayam mengandung hampir sepertiga jumlah harian yang direkomendasikan untuk asupan vitamin B-6 orang dewasa. Vitamin B-6 adalah pemain penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Selain itu, bila memasak sop ayam bersama kaldu tulang ayam juga bermanfaat. Kaldu tersebut mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

Bagaimana dengan teksnya? Mudah dipahami bukan Tugas Ananda hari ini adalah: 

1. Buatlah ringkasan dari teks eksplanasi tersebut! 

Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah/Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menentukan ide pokok dan membuat ringkasannya Setelah selesai kirim hasil pekerjaan kalian berupa foto dan meggunggah pada WA Guru  kelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG