Keberagaman Makanan Khas Daerah

Senin, 5 Oktober 2020

Keberagaman Makanan Khas Daerah

Saat ini kita memasuki bulan Oktober. Pada bulan ini musim penghujan mulai tiba, oleh karena itu kita harus bisa menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Berbicara tentang makanan, apakah Ananda sudah sarapan pagi ini? Jika belum, sebaiknya segera sarapan. 

Pada pertemuan yang lalu, kita telah membahas keberagaman makanan khas daerah. Ternyata, makanan khas daerah dipengaruhi juga oleh kondisi daerah tersebut. Contohnya makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat, rendang. Rendang terbuat dari daging dengan bumbu yang kaya rempah dan menggunakan santan. 

Rendang banyak mengandung lemak yang tujuannya yaitu membuat badan hangat karena di Padang suhunya relatif dingin. Pastinya di daerah lain juga memiliki makanan khas yang berbeda sesuai dengan kondisi daerahnya. 

Tugas Ananda adalah membuat buklet. Buklet adalah beberapa lembaran berupa kertas yang dapat digabungkan, dilipat dan dibentuk / dijilid untuk dijadikan sebuah buku. Contoh cara membuat buklet dapat dilihat pada link berikut: 


Bagaimana, sudah paham kan, cara membuat buklet? Ayo, sekarang kalian buat buklet yang berisi informasi tentang makanan khas daerah tertentu, misalnya: 

1. Gambar makanan daerah tertentu ( gambar dapat dicari di google / kreasimu)
2. Bahan dasar makanan ( bahan dan bumbu yang digunakan )
3. Ciri khusus makanan tersebut ( bahan atau bagian dari makanan tersebut yg menjadi ciri )
4. Manfaat makanan tersebut bagi kesehatan tubuh kita. 

Kalian bisa berdiskusi dengan ayah/bunda atau orang yang mendampingi kalian belajar di rumah untuk membuat isi buklet

Selamat mengerjakan Kirim hasil pekerjaan kalian berupa foto hasil belajar dan mengunggahnya di WA Guru Kelasmu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG