BDR SDN LENTENG AGUNG 11
Hari/tanggal : Kamis, 10 Februari 2022
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat bermain peran Toleransi dalam Keberagaman, dan
mempraktikkan pola lantai gerak tari kreasi daerah penuh tanggung jawab dan percaya diri
PPKn
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks
Bhineka Tunggal Ika
3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
4.3 Menuliskan cerita tentang kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya
masyarakat
Bermain peran “Toleransi
dalam Keberagaman”
Anak-anak, kunci dari persatuan dan kesatuan yang ada
dalam masyarakat Indonesia yang beragam adalah adanya
sikap toleransi dan saling menghargai.
Ayo, Ingat kembali semboyan Bhinneka Tunggal Ika
semboyan itu mengingatkan bangsa Indonesia untuk tetap
bersatu meskipun terdiri atas masyarakat yang beragam.
Sikap saling menghargai dan menghormati sangat
diperlukan untuk menjaga kerukunan. Sikap saling
menghargai dan menghormati itu dapat diwujudkan antara
lain dengan hal-hal berikut :
1. Menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain.
2. Berteman tanpa membeda-bedakan budaya suku
maupun agama.
3. Mau mempelajari kebudayaan Indonesia yang berbeda
dengan budayanya sendiri.
4. Menghargai orang lain yang sedang menjalankan
ibadah ataupun upacara adat meskipun berbeda
dengan kita.
Selanjutnya simak video pada tautan link berikut:
https://youtu.be/AWQkTfUJIL4
Bagaimana videonya? menarik bukan? Setelah menyimak
dan mengamati vidio yang kalian tonton, tugas kalian
adalah:
1. Ayo bermain peran! Pasti seru! Peragakan 1 adegan
drama seperti pada video, lakukan bersama
keluarga di rumah!
2. Buatlah kesimpulan dari adegan cerita yang kalian
perankan!
3. Tuliskan kesimpulan di buku tugasmu dengan format penulisan seperti contoh!
Judul drama : .....
Tokoh 1 sebagai .....
Tokoh 2 sebagai .....
dst
Kesimpulan isi drama : ......
SBDP
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah
Pola lantai gerak tari
kreasi daerah
Pada minggu lalu kita sudah mempelajari jenis karya tari. Ayo ingat
kembali! Ada bentuk karya tari tunggal, karya tari berpasangan, dan
bentuk tari kelompok. Setiap bentuk karya tari lebih indah saat
penyajiannya mempertimbangkan pola lantai.
Seperti kita tahu, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan
karya tari. Oleh karena itu dalam pembuatan pola lantai harus
memperhatikan beberapa hal, antara lain:
1. Bentuk pola lantai.
2. Maksud atau makna pola lantai.
3. Jumlah penari
4. Ruangan atau tempat pertunjukan.
5. Gerak tari.
Sehingga, penampilan gerak tari tidak terlepas dari desain garis dan
desain pola lantai.
Gerak Tari Melengkung
Kita sudah mempelajari macam-macam gerak tari pola lantai
melengkung, terdiri dari beberapa jenis bentuk pola lantai, yaitu garis
lingkaran, angka delapan, huruf U dan lengkung ular.
Pola lantai lengkung ini bisa membuat tarian tradisional menjadi lebih
indah. Tarian tradisional banyak yang menggunakan macam-macam
gerak tari pola lantai jenis melengkung, seperti tari Ma’badong Toraja dari
Sulawesi Utara, tari Piring dari Sumatera Barat dan tari Randai dari
Sumatera Barat.
Untuk mengingat dan melihat kembali salah satu contoh tarian daerah
menggunakan pola lantai melengkung ada baiknya kalian menyimak
kembali vidio pembelajaran berikut!
https://youtu.be/bix13lkDHE0
Bagaimana vidionya? Sangat menarik bukan? Kalian sudah menyimak
contoh beberapa gerakan tarian sekapur sirih yang berasal dari daerah
jambi.
Sekarang tugas kalian adalah :
1. Sebutkan 3 bentuk karya tari !
2. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat pola lantai agar pertunjukan karya tari menjadi lebih indah? (5)
3. Jelaskan yang dimaksud pola lantai melengkung!
4. Sebutkan 4 pengembangan dari pola lantai melengkung!
5. Sebutkan3 contoh karya tari dan asal daerah yang menggunakan macam-macam pola lantai melengkung!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak
boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya.
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar