BDR SDN LENTENG AGUNG 11

Hari/tanggal   : Kamis, 10 Februari 2022
Kelas              : 5 (Lima) 
Tema              : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan ) 
Subtema         : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Semester        : 2

Tujuan Pembelajaran 
Setelah menyimak video peserta didik dapat bermain peran Toleransi dalam Keberagaman, dan mempraktikkan pola lantai gerak tari kreasi daerah penuh tanggung jawab dan percaya diri

PPKn 
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika 3.3 Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat 
4.3 Menuliskan cerita tentang kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

Bermain peran “Toleransi dalam Keberagaman”

Anak-anak, kunci dari persatuan dan kesatuan yang ada dalam masyarakat Indonesia yang beragam adalah adanya sikap toleransi dan saling menghargai. 

Ayo, Ingat kembali semboyan Bhinneka Tunggal Ika semboyan itu mengingatkan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu meskipun terdiri atas masyarakat yang beragam. Sikap saling menghargai dan menghormati sangat diperlukan untuk menjaga kerukunan. Sikap saling menghargai dan menghormati itu dapat diwujudkan antara lain dengan hal-hal berikut : 
1. Menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain. 
2. Berteman tanpa membeda-bedakan budaya suku maupun agama. 
3. Mau mempelajari kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan budayanya sendiri. 
4. Menghargai orang lain yang sedang menjalankan ibadah ataupun upacara adat meskipun berbeda dengan kita. 

Selanjutnya simak video pada tautan link berikut:
                        https://youtu.be/AWQkTfUJIL4 

Bagaimana videonya? menarik bukan? Setelah menyimak dan mengamati vidio yang kalian tonton, tugas kalian adalah: 
1. Ayo bermain peran! Pasti seru! Peragakan 1 adegan drama seperti pada video, lakukan bersama keluarga di rumah!
2. Buatlah kesimpulan dari adegan cerita yang kalian perankan! 
3. Tuliskan kesimpulan di buku tugasmu dengan format penulisan seperti contoh!

Judul drama : .....
Tokoh 1 sebagai .....
Tokoh 2 sebagai .....
dst
Kesimpulan isi drama : ......

SBDP 
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah 
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

Pola lantai gerak tari kreasi daerah

Pada minggu lalu kita sudah mempelajari jenis karya tari. Ayo ingat kembali! Ada bentuk karya tari tunggal, karya tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok. Setiap bentuk karya tari lebih indah saat penyajiannya mempertimbangkan pola lantai. 

Seperti kita tahu, pola lantai dibuat untuk memperindah pertunjukan karya tari. Oleh karena itu dalam pembuatan pola lantai harus memperhatikan beberapa hal, antara lain: 
1. Bentuk pola lantai. 
2. Maksud atau makna pola lantai. 
3. Jumlah penari 
4. Ruangan atau tempat pertunjukan. 
5. Gerak tari. 

Sehingga, penampilan gerak tari tidak terlepas dari desain garis dan desain pola lantai. 

Gerak Tari Melengkung 

Kita sudah mempelajari macam-macam gerak tari pola lantai melengkung, terdiri dari beberapa jenis bentuk pola lantai, yaitu garis lingkaran, angka delapan, huruf U dan lengkung ular. 

Pola lantai lengkung ini bisa membuat tarian tradisional menjadi lebih indah. Tarian tradisional banyak yang menggunakan macam-macam gerak tari pola lantai jenis melengkung, seperti tari Ma’badong Toraja dari Sulawesi Utara, tari Piring dari Sumatera Barat dan tari Randai dari Sumatera Barat. 

Untuk mengingat dan melihat kembali salah satu contoh tarian daerah menggunakan pola lantai melengkung ada baiknya kalian menyimak kembali vidio pembelajaran berikut!
                        https://youtu.be/bix13lkDHE0 

Bagaimana vidionya? Sangat menarik bukan? Kalian sudah menyimak contoh beberapa gerakan tarian sekapur sirih yang berasal dari daerah jambi. 

Sekarang tugas kalian adalah : 
1. Sebutkan 3 bentuk karya tari !
2. Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat pola lantai agar pertunjukan karya tari menjadi lebih indah? (5)
3. Jelaskan yang dimaksud pola lantai melengkung!
4. Sebutkan 4 pengembangan dari pola lantai melengkung!
5. Sebutkan3 contoh karya tari dan asal daerah yang menggunakan macam-macam pola lantai melengkung!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. 
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG