BDR Jum'at, 4 Februari 2022
Tema : 7 (Peristiwa dalam Kehidupan)
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Matematika
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
serta cara pengumpulannya.
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta
cara pengumpulannya
Analisis data dalam
bentuk tabel
Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar menyajikan
data dalam bentuk tabel. Tujuan penyajian data agar
pembaca mudah mengerti maksud dan tujuannya.
Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom,
atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks.
Tabel banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian,
dan analisis data. Data dalam tabel dapat berupa tabel
numerik (angka) dan tabel tally atau turus.
Distribusi Frekuensi atau tabel Frekuensi adalah suatu
tabel yang banyaknya kejadian atau frekuensi (data
didistribusikan ke dalam kelompok-kelompok atau
kelas-kelas). Distribusi frekuensi umumnya disajikan
dalam daftar yang berisi kelas interval dan jumlah
obyek (frekuensi yang termasuk dalam kelas interval
tersebut).
Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
https://www.youtube.com/watch?v=22rR37CsH3E
Selanjutnya tugas Ananda:
Kerjakan soal-soal latihan pada buku paket Matematika hal: 152 no. 1-3
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan.
4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri
Pembacaan pantun
Ananda pada pembelajaran sebelumnya kita telah membuat
pantun tentang suhu dan kalor serta peristiwa pada masa penjajahan. Pada
pembelajaran kali ini kalian akan membacakan pantun
tersebut. Saat membaca pantun kita harus
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. Mari kita simak
video berikut untuk lebih jelasnya!
https://www.youtube.com/watch?v=nvuTw6LwevY
Selanjutnya tugas Ananda adalah membacakan pantun yang
telah Ananda buat sebelumnya dalam bentuk voice note/rekaman.
IPA
3.6 Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam
kehidupan sehari-hari.
Konveksi
Ananda tentunya sudah mempelajari materi tentang perpindahan panas secara konveksi, konduksi dan radiasi. Perpindahan kalor secara konveksi ialah
perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat
perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor
secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas.
Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
https://youtu.be/EqWzlcbvV0A
Selanjutnya tugas Ananda menjawab pertanyaan berikut!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan
besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3L7dRAc
Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar