BDR Jum'at, 4 Februari 2022

Tema      : 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) 
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)

Matematika 
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya. 
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

Analisis data dalam bentuk tabel

Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar menyajikan data dalam bentuk tabel. Tujuan penyajian data agar pembaca mudah mengerti maksud dan tujuannya. Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. Tabel banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian, dan analisis data. Data dalam tabel dapat berupa tabel numerik (angka) dan tabel tally atau turus. 

Distribusi Frekuensi atau tabel Frekuensi adalah suatu tabel yang banyaknya kejadian atau frekuensi (data didistribusikan ke dalam kelompok-kelompok atau kelas-kelas). Distribusi frekuensi umumnya disajikan dalam daftar yang berisi kelas interval dan jumlah obyek (frekuensi yang termasuk dalam kelas interval tersebut). Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
 
                        https://www.youtube.com/watch?v=22rR37CsH3E 

Selanjutnya tugas Ananda:
Kerjakan soal-soal latihan pada buku paket Matematika hal: 152 no. 1-3 


Bahasa Indonesia 
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

Pembacaan pantun

Ananda pada pembelajaran sebelumnya kita telah membuat pantun tentang suhu dan kalor serta peristiwa pada masa penjajahan. Pada pembelajaran kali ini kalian akan membacakan pantun tersebut. Saat membaca pantun kita harus menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya! 

                        https://www.youtube.com/watch?v=nvuTw6LwevY 

Selanjutnya tugas Ananda adalah membacakan pantun yang telah Ananda buat sebelumnya dalam bentuk voice note/rekaman.


IPA 
3.6 Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari. 
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Konveksi

Ananda tentunya sudah mempelajari materi tentang perpindahan panas secara konveksi, konduksi dan radiasi. Perpindahan kalor secara konveksi ialah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya. Umumnya peristiwa perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya! 

            https://youtu.be/EqWzlcbvV0A 

Selanjutnya tugas Ananda menjawab pertanyaan berikut! 

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3L7dRAc 
Persiapkan diri kalian! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG