BDR SDN LENTENG AGUNG 11
Hari/tanggal : Rabu, 16 Februari 2022
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 3 (Peristiwa Mengisi Kemerdekaan))
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 3 (Peristiwa Mengisi Kemerdekaan))
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menjelaskan berbagai perlawanan terhadap pemerintahan
kolonial Belanda di berbagai daerah serta dapat mempraktikan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah
dengan teliti dan percaya diri.
IPS
3.3 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kedaulatannya.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab
penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kedaulatannya.
Perlawanan terhadap Belanda
Ananda tentunya sudah membaca tentang
perlawanan bangsa Indonesia pada teks yang
diberikan sebelumnya. Menjelang kedatangan
bangsa Eropa, masyarakat di wilayah Nusantara
hidup dengan tenteram di bawah kekuasaan rajaraja. Kedatangan bangsabangsa Eropa di
Indonesia mula-mula disambut baik oleh bangsa
Indonesia.
Namun, lama-kelamaan, rakyat Indonesia
mengadakan perlawanan karena niat jahat
bangsa-bangsa Eropa itu mulai terkuak dan
diketahui oleh bangsa Indonesia. Perlawananperlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia
disebabkan orang-orang Barat ingin memaksakan
monopoli perdagangan dan berusaha
mencampuri urusan kerajaan-kerajaan di
Indonesia.
Mari kita simak video berikut ini untuk lebih
jelasnya!
https://youtu.be/KeZGJwPtQtQ
Selanjutnya tugas Ananda adalah menuliskan
informasi tentang perlawanan para pahlawan di
berbagai daerah lengkap pada tabel berikut ini!
SBdP
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah
Pola lantai tari kreasi daerah
Ananda tentunya masih ingat bahwa bentuk karya tari
ada tiga, yaitu bentuk karya tari tunggal, berpasangan,
dan kelompok. Setiap bentuk karya tari lebih indah saat
penyajiannya mempertimbangkan pola lantai.
Pola lantai
adalah garis di lantai yang dilalui oleh penari saat
melakukan gerak tari. Selain itu, pola lantai tari kelompok
dapat diartikan juga garis di lantai yang dibuat oleh
formasi penari. Dalam tarian, terdapat dua pola garis
dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung
Selanjutnya tugas Ananda adalah menyelesaikan soal pada link berikut ini!
Bacalah terlebih dahulu ringkasan materi pada soal , kemudian Ananda kerjakan soal dengan teliti!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan
belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk
kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar
https://bit.ly/3oOZVBr
Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar