BDR Kamis, 3 Februari 2022

Tema      : 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) 
Subtema : 1 (Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan) 
Semester : II (Genap)

Matematika 
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya. 
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.

Pengumpulan data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data dapat berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep. 

Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara, sehingga dapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes, dokumentasi, dan sebagainya. Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
 
                        https://www.youtube.com/watch?v=7_OpAYa2W6A 

Selanjutnya tugas Ananda menjawab pertanyaan berikut! 
1. Jelaskan yang dimaksud dengan data!
2. Jelaskan perbedaan data primer dan data sekunder!
3. Sebutkan 4 tehnik pengumpulan data!
4. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan sebelum melakukan pengumpulan data dengan isian singkat! 
5. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara pengumpulan data dengan isian singkat!


SBdP 
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah 
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

Pola lantai

Ananda tentunya pernah melihat gerak tari. Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari dalam tubuh manusia. Penampilan gerak tari akan terasa lebih indah jika ada iringan musiknya. Selain musik atau iringan tarinya, keindahan gerak tari juga dapat dilihat dari pola lantai saat penari memperagakan gerak tari. Masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan pola lantai? 

Pola lantai adalah garis-garis di lantai yang dilalui oleh penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lain pada saat melakukan gerak tari. 

Menurut jenisnya, ada tiga bentuk karya tari yang perlu kamu ketahui sebelum kita lebih lanjut membahas tentang pola lantai. Ada bentuk karya tari tunggal, karya tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok. Setiap bentuk karya tari lebih indah saat penyajiannya mempertimbangkan pola lantai. 

Perhatikan gambar 3 bentuk karya tari yang terdapat pada lampiran lalu jawablah pertanyaan berikut! 

1. Apa perbedaan bentuk karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok? 
2. Bagaimana pola lantai pada karya tari tunggal, berpasangan, dan kelompok?

IPS 
3.3 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. 
4.3 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

Tanam Paksa

Ananda pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang latar belakang kedatangan bangsabangsa barat ke Indonesia yaitu 3G. Demi memperkuat kekuasaannya bangsa-bangsa barat membentuk pemerintahan kolonial dengan berlaku tidak adil terhadap rakyat Indonesia. Berbagai kebijakan pemerintah kolonial telah menyengsarakan rakyat Indonesia. Salah satunya Sistem Tanam Paksa yang dilaksanakan pemerintah kolonial Belanda. Sistem tanam paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa. 

Adanya penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan tanam paksa membawa akibat yang memberatkan rakyat Indonesia. Akibat penyimpangan pelaksanaan tanam paksa tersebut antara lain: banyak tanah terbengkalai sehingga panen gagal, rakyat makin menderita, wabah penyakit merajalela. 

Mari simak video berikut untuk lebih jelasnya!
 
                        https://youtu.be/g44BGE0ZywI 

Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut ini! 
1. Jelaskan perbedaan kerja paksa dan tanam paksa pada masa penjajahan! 
2. Bagaimana tanam paksa dilaksanakan? 
3. Apakah akibat dari sistem tanam paksa? (3)
4. Siapakah penentang tanam paksa?
5. Jalaskan langkah-langkah yang diusulkan oleh Multatuli untuk membalas budi baik bangsa Indonesia! (3)

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar https://drive.google.com/file/d/1p7EV59N8f-0yOMdOY9aYGZk-N4Dkulqy/view?usp=sharing Persiapkan diri kalian! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok! 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG