BDR Kamis, 3 Februari 2022
Tema : 7 (Peristiwa dalam Kehidupan)
Subtema : 1 (Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan)
Subtema : 1 (Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan)
Semester : II (Genap)
Matematika
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan
sekitar serta cara pengumpulannya.
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar
serta cara pengumpulannya.
Pengumpulan data
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti
bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya
suatu pengolahan. Data dapat berwujud suatu
keadaan, gambar, suara, huruf, angka,
matematika, bahasa ataupun simbol-simbol
lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan
untuk melihat lingkungan, objek, kejadian
ataupun suatu konsep.
Metode Pengumpulan Data merupakan teknik
atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan
data. Metode menunjuk suatu cara, sehingga
dapat diperlihatkan penggunaannya melalui
angket, wawancara, pengamatan, tes,
dokumentasi, dan sebagainya.
Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
https://www.youtube.com/watch?v=7_OpAYa2W6A
Selanjutnya tugas Ananda menjawab pertanyaan
berikut!
1. Jelaskan yang dimaksud dengan data!
2. Jelaskan perbedaan data primer dan data sekunder!
3. Sebutkan 4 tehnik pengumpulan data!
4. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan
sebelum melakukan pengumpulan data
dengan isian singkat!
5. Jelaskan kelebihan dan kekurangan cara
pengumpulan data dengan isian singkat!
SBdP
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah
Pola lantai
Ananda tentunya pernah melihat gerak tari. Gerak tari
adalah serangkaian gerakan indah dari dalam tubuh
manusia. Penampilan gerak tari akan terasa lebih indah
jika ada iringan musiknya. Selain musik atau iringan
tarinya, keindahan gerak tari juga dapat dilihat dari
pola lantai saat penari memperagakan gerak tari.
Masih ingatkah kamu apa yang dimaksud dengan pola
lantai?
Pola lantai adalah garis-garis di lantai yang dilalui oleh
penari dari perpindahan tempat satu ke tempat lain
pada saat melakukan gerak tari.
Menurut jenisnya, ada tiga bentuk karya tari yang perlu
kamu ketahui sebelum kita lebih lanjut membahas
tentang pola lantai. Ada bentuk karya tari tunggal,
karya tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok.
Setiap bentuk karya tari lebih indah saat penyajiannya
mempertimbangkan pola lantai.
Perhatikan gambar 3 bentuk karya tari yang terdapat
pada lampiran lalu jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa perbedaan bentuk karya tari tunggal,
berpasangan, dan kelompok?
2. Bagaimana pola lantai pada karya tari tunggal,
berpasangan, dan kelompok?
IPS
3.3 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kedaulatannya.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab
penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kedaulatannya.
Tanam Paksa
Ananda pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang latar belakang kedatangan bangsabangsa barat ke Indonesia yaitu 3G. Demi memperkuat kekuasaannya bangsa-bangsa barat
membentuk pemerintahan kolonial dengan berlaku tidak adil terhadap rakyat Indonesia. Berbagai
kebijakan pemerintah kolonial telah menyengsarakan rakyat Indonesia. Salah satunya Sistem Tanam
Paksa yang dilaksanakan pemerintah kolonial Belanda. Sistem tanam paksa pertama kali
diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa.
Adanya penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan tanam paksa membawa akibat yang
memberatkan rakyat Indonesia. Akibat penyimpangan pelaksanaan tanam paksa tersebut antara lain:
banyak tanah terbengkalai sehingga panen gagal, rakyat makin menderita, wabah penyakit merajalela.
Mari simak video berikut untuk lebih jelasnya!
https://youtu.be/g44BGE0ZywI
Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Jelaskan perbedaan kerja paksa dan tanam paksa pada masa penjajahan!
2. Bagaimana tanam paksa dilaksanakan?
3. Apakah akibat dari sistem tanam paksa? (3)
4. Siapakah penentang tanam paksa?
5. Jalaskan langkah-langkah yang diusulkan oleh Multatuli untuk membalas budi baik bangsa Indonesia! (3)
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok
kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan
belajar https://drive.google.com/file/d/1p7EV59N8f-0yOMdOY9aYGZk-N4Dkulqy/view?usp=sharing
Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai
jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar