BDR Rabu, 9 Februari 2022

Sekolah          : SDN Lenteng Agung 11
Kelas              : 5 (Lima) 
Tema              : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan ) 
Subtema         : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Semester        : 2

Tujuan Pembelajaran :
Setelah menyimak vidio peserta didik dapat membuat tabel distribusi frekuensi dan membaca pantun dengan cara yang benar dengan teliti dan percaya diri.

Matematika 
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.

Tabel distribusi frekuensi
Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah melakukan pengumpulan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel. Kemarin, Anak-anak sudah membaca link yang dikirimkan. 

Data yang baru saja diperoleh biasanya masih belum tersusun secara rapi dan urut. Agar data mudah dibaca dan mudah dipahami, data perlu disajikan dengan baik dalam bentuk tabel atau diagram. Jika data yang kamu peroleh sedikit maka dapat ditulis secara mendatar. Akan tetapi, Bagaimana menyusun data yang jumlahnya banyak? Bagaimana caranya? Sekarang, perhatikan data nilai hasil ulangan matematika dari 36 siswa berikut. 
80 50 60 60 90 40 80 90 80 40 70 80 90 30 70 90 60 60 60 80 70 80 80 50 50 70 80 70 60 60 90 70 50 70 80 50 

Kita akan menyajikan data diatas ke dalam bentuk tabel distribusi frekuensi Jika kita perhatikan, tampak bahwa nilai ulangan terendah adalah 30. Nilai ulangan tertinggi adalah 90. Artinya, nilai yang harus kamu tulis adalah 30 sampai 90.


Kolom Turus merupakan kolom bantuan saja. Jika semua data sudah masuk dalam tabel maka kolom Turus boleh dihilangkan seperti berikut

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak video berikut! 
                https://www.youtube.com/watch?v=22rR37CsH3E 

Selanjutnya tugas kalian adalah mengerjakan soal-soal latihan sebagai berikut:
1. Hasil ulangan matematika siswa kelas 5 SD Lenteng Agung 11 adalah sebagai berikut :
70 70 75 80 75 60 65 85 90 85 80 95 90 55 65 70 55 85 80 50 
65 65 60 65 70 85 90 75 85 90 90 55 65 95 75 56 85 65 70 50
a. Berapa jumlah siswa yang terdata? 
b. Berapa nilai terendah hasil ulangan tersebut? 
c. Berapa nilai tertinggi hasil ulangan tersebut? 
d. Susunlah data diatas dalam bentuk tabel seperti berikut!


2. Hasil penimbangan berat badan murid kelas V adalah sebagai berikut :
    32 34 33 35 36 31 32 34 33 34 35 31 34 35 37 31
    32 34 34 30 36 32 34 32 36 35 34 35 25 34 37 32
a. Berapa jumlah siswa yang terdata? 
b. Berapa berat badan terendah hasil penimbangan tersebut? 
c. Berapa berat badan tertinggi hasil penimbangan tersebut? 
d. Susunlah data diatas dalam bentuk tabel distribusi frekuensi!


Bahasa Indonesia 
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 
4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri

Cara membaca pantun

Pantun diciptakan dalam bentuk lisan untuk menyampaikan pikiran dan perasaan terhadap seseorang ataupun suatu peristiwa yang bertujuan untuk menyindir, berjenaka, memberi nasihat, atau bersuka ria. Seperti halnya puisi, pantun juga dibaca disertai dengan irama. Hal ini bertujuan agar isi pantun enak didengar dan memberi kesan mendalam bagi yang mendengarnya. 

Pada saat membacakan pantun, lafal, intonasi, dan ekspresinya harus tepat. Hal ini dimaksudkan agar pantun yang disampaikan dapat dinikmati, direnungkan maknanya, dan isinya dapat diterima atau ditangkap dengan baik oleh pendengar. 

Pada kali ini, kita akan belajar bagaimana membaca pantun dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai, dan dapat menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari. 
Adapun cara membaca pantun sebagai berikut : 
1. Bacalah berulang-ulang! 
2. Tandailah kata-kata pada pantun! Tanda-tanda yang dapat kamu gunakan yaitu: 
(a). Tanda ↗ untuk intonasi naik. 
(b). Tanda ---- untuk intonasi datar. 
(c). Tanda ➘ untuk intonasi turun. 
(d). Tanda / untuk berhenti sebentar. 
(e.) Tanda // untuk berhenti lama 
3. Bacakan pantun tersebut sesuai tanda yang kamu buat! 
4. Ulangilah sampai benar pengucapan dan intonasi yang tepat! 

Untuk melihat contoh cara membaca pantun dan lebih paham lagi, simak vidio pada tautan link berikut!
                        https://youtu.be/3xoJpmWftzc 

Bagaimana vidionya? Menarik bukan? Setelah menyimak vidio Pastinya kalian sudah dapat membaca pantun dengan cara yang benar. 

Tugas kalian adalah : 
1. Salinlah pantun peristiwa sejarah yang ada pada link berikut!

Pantun Peristiwa Sejarah Indonesia

Karya : Tarinah Tajuddin


Ayak beras di atas tampah

Sambut tuan dari persia

Awalnya datang mencari rempah-rempah

Bangsa Eropa jajah Indonesia


            Hari sabtu bertemu Mery

            Datang jauh Dari Pantura

            Apakah itu Gold, gospel,glory 

            Ialah Prinsip penjelajahan samudra


Ibu kota peru namanya Lima

Nairobi ibukota kenya

Gold kekayaan gospel penyebaran agama

Glory kejayaan itu pengertiannya 


            Jalan kaki ke Rumah Bang Jampang

            Lihat pesawat terbang ke malaysia

            Tanam paksa sungguh menyimpang

            Karna rugikan rakyat indonesia


Langit putih berhias awan

Mendung datang hujanpun deras

Mari Hargai perjuangan  pahlawan

Dengan rajin belajar dan kerja keras


2. Baca pantun yang telah kalian salin dengan suara lantang dan percaya diri, rekam ketika kalian membacakan pantun tersebut!


Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. 

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok! 
   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG