BDR Rabu, 9 Februari 2022
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan )
Subtema : 2 (Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan)
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran :
Setelah menyimak vidio peserta didik dapat membuat tabel distribusi frekuensi dan membaca pantun
dengan cara yang benar dengan teliti dan percaya diri.
Matematika
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar
serta cara pengumpulannya.
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta
cara pengumpulannya.
Tabel distribusi frekuensi
Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah melakukan
pengumpulan data dan menyajikan data dalam bentuk tabel.
Kemarin, Anak-anak sudah membaca link yang dikirimkan.
Data yang baru saja diperoleh biasanya masih belum tersusun
secara rapi dan urut. Agar data mudah dibaca dan mudah
dipahami, data perlu disajikan dengan baik dalam bentuk tabel
atau diagram. Jika data yang kamu peroleh sedikit maka dapat
ditulis secara mendatar. Akan tetapi, Bagaimana menyusun data
yang jumlahnya banyak? Bagaimana caranya? Sekarang,
perhatikan data nilai hasil ulangan matematika dari 36 siswa
berikut.
80 50 60 60 90 40 80 90 80 40 70 80 90 30 70 90 60 60
60 80 70 80 80 50 50 70 80 70 60 60 90 70 50 70 80 50
Kita akan menyajikan data diatas ke dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi
Jika kita perhatikan, tampak bahwa nilai ulangan terendah adalah
30. Nilai ulangan tertinggi adalah 90. Artinya, nilai yang harus kamu
tulis adalah 30 sampai 90.
Kolom Turus merupakan kolom bantuan saja. Jika semua data
sudah masuk dalam tabel maka kolom Turus boleh dihilangkan
seperti berikut
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak video berikut!
https://www.youtube.com/watch?v=22rR37CsH3E
Selanjutnya tugas kalian adalah mengerjakan soal-soal latihan sebagai berikut:
1. Hasil ulangan matematika siswa kelas 5 SD Lenteng Agung 11 adalah sebagai berikut :
70 70 75 80 75 60 65 85 90 85 80 95 90 55 65 70 55 85 80 50
65 65 60 65 70 85 90 75 85 90 90 55 65 95 75 56 85 65 70 50
a. Berapa jumlah siswa yang terdata?
b. Berapa nilai terendah hasil ulangan tersebut?
c. Berapa nilai tertinggi hasil ulangan tersebut?
d. Susunlah data diatas dalam bentuk tabel seperti berikut!
2. Hasil penimbangan berat badan murid kelas V adalah sebagai berikut :
32 34 33 35 36 31 32 34 33 34 35 31 34 35 37 31
32 34 34 30 36 32 34 32 36 35 34 35 25 34 37 32
a. Berapa jumlah siswa yang terdata?
b. Berapa berat badan terendah hasil penimbangan tersebut?
c. Berapa berat badan tertinggi hasil penimbangan tersebut?
d. Susunlah data diatas dalam bentuk tabel distribusi frekuensi!
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan.
4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Cara membaca pantun
Pantun diciptakan dalam bentuk lisan untuk menyampaikan pikiran dan
perasaan terhadap seseorang ataupun suatu peristiwa yang bertujuan
untuk menyindir, berjenaka, memberi nasihat, atau bersuka ria.
Seperti halnya puisi, pantun juga dibaca disertai dengan irama. Hal ini
bertujuan agar isi pantun enak didengar dan memberi kesan mendalam
bagi yang mendengarnya.
Pada saat membacakan pantun, lafal, intonasi, dan ekspresinya harus
tepat. Hal ini dimaksudkan agar pantun yang disampaikan dapat
dinikmati, direnungkan maknanya, dan isinya dapat diterima atau
ditangkap dengan baik oleh pendengar.
Pada kali ini, kita akan belajar bagaimana membaca pantun dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang sesuai, dan dapat menerapkan isi pantun
dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun cara membaca pantun sebagai berikut :
1. Bacalah berulang-ulang!
2. Tandailah kata-kata pada pantun! Tanda-tanda yang dapat kamu
gunakan yaitu:
(a). Tanda ↗ untuk intonasi naik.
(b). Tanda ---- untuk intonasi datar.
(c). Tanda ➘ untuk intonasi turun.
(d). Tanda / untuk berhenti sebentar.
(e.) Tanda // untuk berhenti lama
3. Bacakan pantun tersebut sesuai tanda yang kamu buat!
4. Ulangilah sampai benar pengucapan dan intonasi yang tepat!
Untuk melihat contoh cara membaca pantun dan lebih paham lagi, simak
vidio pada tautan link berikut!
https://youtu.be/3xoJpmWftzc
Bagaimana vidionya? Menarik bukan? Setelah menyimak vidio Pastinya
kalian sudah dapat membaca pantun dengan cara yang benar.
Tugas kalian adalah :
1. Salinlah pantun peristiwa sejarah yang ada pada link berikut!
Pantun Peristiwa Sejarah Indonesia
Karya : Tarinah Tajuddin
Ayak beras di atas tampah
Sambut tuan dari persia
Awalnya datang mencari rempah-rempah
Bangsa Eropa jajah Indonesia
Hari sabtu bertemu Mery
Datang jauh Dari Pantura
Apakah itu Gold, gospel,glory
Ialah Prinsip penjelajahan samudra
Ibu kota peru namanya Lima
Nairobi ibukota kenya
Gold kekayaan gospel penyebaran agama
Glory kejayaan itu pengertiannya
Jalan kaki ke Rumah Bang Jampang
Lihat pesawat terbang ke malaysia
Tanam paksa sungguh menyimpang
Karna rugikan rakyat indonesia
Langit putih berhias awan
Mendung datang hujanpun deras
Mari Hargai perjuangan pahlawan
Dengan rajin belajar dan kerja keras
2. Baca pantun yang telah kalian salin dengan suara
lantang dan percaya diri, rekam ketika kalian membacakan pantun tersebut!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak
boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya.
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar