BDR Selasa, 15 Februari 2021

Hari/tanggal   :  Selasa, 15 Februari 2022
Kelas              : 5 (Lima) 
Tema              : 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan ) 
Subtema         : 3 (Peristiwa Mengisi Kemerdekaan))
Semester        : 2

Tujuan Pembelajaran 
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menganalisis data pada diagram batang serta dapat mempraktikan kegiatan berbalas pantun dengan teliti dan percaya diri. 

Matematika 
3.5 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya. 
4.5 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya.

Analisis Diagram Batang

Ananda, pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar melakukan pengumpulan data. Data dapat lebih mudah dibaca dan dipahami jika telah disajikan dalam bentuk daftar, tabel, atau diagram. Membaca data berarti menyebutkan informasi yang ada pada data. Menafsirkan data berarti mencari informasi lain yang tidak tertulis pada data, misalnya data tertinggi, data terendah, jumlah data, dan selisih data. 

Salah satu bentuk penyajian data adalah diagram batang. Diagram batang merupakan bentuk penyajian data yang paling sering dijumpai. Biasanya sekolah, perkantoran, dan beberapa instansi menggunakan diagram batang sebagai salah satu bentuk penyajian data. 

Kali ini kita akan belajar mencari informasi dari diagram batang. Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!

                    https://youtu.be/aTwYgJZ4Er4 

Tugas Ananda adalah, perhatikan diagram batang yang terdapat pada lampiran kemudian temukan informasi pada diagram dengan menjawab pertanyaan! 


Bahasa Indonesia 

3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 
4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan dir

Pantun

Pantun bisa dikatakan sebagai seni merangkai kata. Kejadian dapat sehari- hari dapat diungkapkan dengan pantun. Kondisi manusia susah, senang, sehat, dan sakit juga dapat ditulis melalui pantun. Ada banyak interaksi yang kita lakukan sehari-hari misalnya membacakan pantun untuk teman atau membuatkan pantun. 

Makna pantun bisa kita pahami dari setiap kata yang menyusun baris ketiga dan keempat pada pantun. Kali ini kita akan belajar tentang berbalas pantun. Perhatikan video berikut untuk lebih jelasnya!

                https://youtu.be/k1GW-vPJifI 

Selanjutnya tugas ananda mengerjakan soal pada link berikut ini!

https://www.liveworksheets.com/c?a=s&g=5&s=SD&t=3ltt14hob8l&m=d&sr=n&ms=uzz&l=qj&i=udofxcs&r=rv&db=0&f=dzddzduc&cd=p0azz79wjf6anltqxnjemkpsy2ngnngnxkxgg

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3LuvDOe 

Persiapkan diri kalian! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG