BDR Kamis, 4 November 2021
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 1 (Komponen ekosistem)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 1 (Komponen ekosistem)
Semester : I (Ganjil)
IPA
3.5 Menganalisi hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungn
sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
Ekosistem
Ananda tentunya sudah membaca tentang ekosistem
pada link yang sudah diberikan kemarin.
Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan
tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan
adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk
hidup. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan
komunitas. Pada dasarnya, ekosistem yang ada di
dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan
ekosistem buatan.
Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan
ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem
air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat
terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang
pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan
ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi
kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan
merupakan contoh ekosistem buatan.
Mari kita simak video pada tautan berikut ini untuk
lebih jelasnya!
Tugas Ananda hari ini adalah menjawab pertanyaan
berikut!
1. Berilah masing-masing 3 contoh ekosistem alami
dan ekosistem buatan!
2. Mengapa manusia perlu menjaga keseimbangan
ekosistem?
Setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa foto dan
mengunggah pada WA Guru kelas
IPS
3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan
pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia.
Interaksi manusia
dengan lingkungan di
rumah
Ananda, dalam ekosistem terdapat makhluk hidup dan tak
hidup. Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan dan
tumbuhan. Hewan, tumbuhan dan lingkungan saling
berinteraksi satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup
dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut
ekosistem.
Manusia juga berinteraksi dengan lingkungan, Manusia
memerlukan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Interaksi ini adalah hubungan timbal balik manusia
dengan lingkungan.
Mari kita simak video pada tautan link berikut ini untuk lebih
jelasnya!
Selanjutnya tugas Ananda adalah:
1. Amatilah lingkungan rumahmu, kemudian sebutkan
interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu
temukan di sana!
2. Apa pengaruh dari kegiatan tersebut terhadap
lingkungan alam?
Setelah selesai kirim tugas dalam bentuk foto lalu kirim ke
WA Guru kelas!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan
besok ya!
Pelajari untuk materi hari kamis yaitu
https://drive.google.com/file/d/1os0XJ7cnvqs3Vwyui7-yQbKr3-KDbbmp/view?usp=sharing
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar