BDR Selasa, 16 November 2021

Sekolah    : SDN Lenteng Agung 11
Kelas        : 5 (Lima) 
Tema        : 5. Ekosistem 
Sub Tema : 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem) 
Semester  : I (Ganjil) 

Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak tayangan video peserta didik dapat membuat naskah media elektronik dengan percaya diri serta dapat menggambar denah dengan skala diketahui dengan tepat .

Bahasa Indonesia 
3.3 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik. 
4.3 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.

Naskah iklan media elektronik

Ananda tentunya masih ingat apa itu iklan. Media yang digunakan untuk menampilkan iklan adalah media cetak dan media elektronik. 

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah bisa memeragakan iklan media elektronik bersama anggota keluarga di rumah sesuai dengan naskah yang sudah ditentukan. Kalian tentunya ingat bahwa rancangan iklan diperlukan berupa naskah iklan.Tentukan dahulu tema yang akan kita gunakan untuk membuat naskah iklan, selanjutnya kita tentukan kata kunci yang akan kita gunakan. Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat penjelasannya pada video berikut.

                            https://youtu.be/_ZNlik1TQWU 

Tugas kalian selanjutnya adalah membuat contoh rancangan naskah iklan media elektronik tentang CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH. 
Kalian bisa membuat contoh rancangan naskahnya nya seperti berikut ini 

Tema : Makanan .... ? 
Kata kunci : 1. Kandungan nutrisi ... 
                     2. .................. 
                     3. ................... 
Iklan : 
Pemeran 1 : ........................ 
Pemeran 2 : ........................ 
(dan seterusnya .......) 

Kalian boleh berdiskusi bersama Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah untuk membuat rancangan naskah iklannya. 
Kerjakan pada buku tugas kalian, setelah selesai kirim hasilnya berupa foto dan mengunggah ke WAG kelas!

Matematika 
3.3 Menjelaskan skala melalui denah 
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah

Denah dengan skala diketahui

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah pernah belajar bagaimana menentukan luas sebenarnya suatu denah berskala. Untuk menentukan luas sebenarnya, kita terlebih dahulu harus menentukan panjang dan lebar sebenarnya. Pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari tentang membuat denah dengan skala diketahui Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya pada tautan berikut ini.

                         https://www.youtube.com/watch?v=FuNGsq36fs0 

Selanjutnya tugas Ananda adalah : 
1. Sebuah kolam renang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 60 m x 40 m. 
a. Jika Santi ingin membuat denah kolam renang dengan skala 1 : 2.000 maka tentukan ukuran kolam renang pada denah! 
b. Gambarkan denah kolam renang tersebut! 

2. Sebuah lapangan sepak bola memiliki ukuran panjang 120 m dan lebar 80 m 
a. Jika dibuat denah dengan skala 1:4.000 maka tentukan ukuran panjang dan lebar pada denah. 
b. Gambarlah denah lapangan sepak bola tersebut! 

Tuliskan pada buku tugasmu, Setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa foto dan mengunggah pada WA Guru kelas ! 

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu https://drive.google.com/file/d/1_0ZpI3rbXHwjtFD17nlFnPLERejnrYkR/view?usp=sharing 

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa bes


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG