BDR Jum'at, 12 November 2021
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 5 (Ekosistem)
Sub Tema : 2 (Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem)
Semester : I (Ganjil)
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak video, peserta didik dapat membuat diagram rantai makanan dengan benar.
IPA
3.5 Menganalisi hubungan antar ekosistem dan jaring-jaring makanan di ingkungn
sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
Diagaram rantai makanan
Ananda, Apa sarapan pagimu hari ini? Adakah di
antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat,
bukan? Salah satu manfaat sarapan adalah
memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada
hari itu. Telur merupakan salah satu makanan protein
yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Ketika
kita memakan telur ayam saat sarapan, kita
mendapatkan energi dari telur ayam tersebut.
Tahukah Ananda, ketika Ananda makan buah atau
sayuran, kalian mengambil energy yang tersimpan
dalam tumbuhan tersebut. Ketika Ananda makan
ikan, ayam, atau daging, kalian mengambil energy
yang tersimpan dalam hewan-hewan tersebut.
Ananda, Kemarin sudah membaca tentang teks terkait
rantai makanan pada tautan link yang dikirimkan.
Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan
dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk
hidup. Bagaimana proses hal tersebut terjadi ?
Sekarang ayo simak video berikut ini!
Tugas Ananda adalah :
1. Tentukan rantai makanan yang ada pada sebuah
ekosistem. Atau Ananda dapat membuat gambar
rantai makanan seperti contoh pada video yang
telah disimak!
2. Setelah selesai, Jelaskan rantai makananmu
melalui video atau voice note!
Kirim video atau voice note ke WA Guru kelas!
Ananda dapat
melihat pada keterangan contoh video di
lampiran!
Contoh keterangan video:
Keterangan tentang rantai makanan di atas sebagai berikut.
1. Tumbuhan memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang
diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan, makanan dapat disimpan dalam bentuk
biji, batang, buah, dan akar.
2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Makanan yang dimakan
hewan tersebut akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi.
Contoh: konsumen tingkat I adalah tikus.
3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Jadi,
konsumen tingkat I merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II agar dapat bertahan hidup.
Contoh: hewan konsumen tingkat II adalah ular.
4. Konsumen tingkat III memakan konsumen tingkat II. Contoh: hewan konsumen tingkat III adalah
burung elang.
5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan,
tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini
kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi
tumbuhan, seperti rumput.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak video, peserta didik dapat membuat naskah iklan media
elektronik dengan percaya diri dan teliti.
Bahasa Indonesia
3.3 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau
elektronik.
4.3 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak
atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
Naskah iklan media
elektronik beserta contoh
iklannya
Ananda, Ayo ingat kembali apa itu iklan? Iklan merupakan
media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat
menarik minat khalayak. Lalu apa fungsi iklan media
elektronik?
Untuk membuat iklan komersial pada media elektronik:
1. Tentukan ide yang merupakan latar
belakang suatu konsep kreatif.
2. Merancangnya
salah satu caranya adalah dengan membuat naskah iklan
media elektronik terlebih dahulu.
Sekarang simak contoh
naskah iklan media elektronik beserta contoh iklannya pada
video berikut!
Bagaimana Ananda videonya seru sekali bukan?
Tugas Ananda sekarang adalah:
1. Buatlah naskah iklan media elektronik!
2. Praktikkan contoh iklan sesuai dengan naskah iklan
media elektronik yang telah Ananda buat!
Videokan tugas Ananda dan Kirimkan hasilnya ke WAG kelas.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan
besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaituhttps://pintarinah.blogspot.com/2021/11/rantai-makanan-dan-jaring-jaring-makanan.html
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan
membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
minggu depan!
Komentar
Posting Komentar