POKOK PIKIRAN

Kamis, 16 Juli 2020

Kompetensi Dasar Materi Bahasa Indonesia
3.1. Menentukan pokok pikiran teks lisan dan tulis
4.1. Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan                 visual.

Tujuan Pembelajaran:
menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran teks tentang alat gerak hewan.

 POKOK PIKIRAN PADA TEKS

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat dan tetap semangat ya, untuk kalian mengenal kegiatan hari ini yuk kita tonton video berikut ini


Tugas 1
Setelah menonton, minta tolong Ayah/Bunda merekam dengan voice note (rekaman suara) yang berisi pertanyaan kepada kalian
 “Bagaimana videonya? 
  "Apa yang dapat kalian simpulkan dari video tersebut?” 

Baca teks di bawah ini!
.
ORGAN GERAK HEWAN 

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

 Gerak pada hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang dan sebagainya.

 Organ gerak hewan memiliki kesamaan dengan manusia. Alat gerak yang di gunakan ada dua macam yaitu alat gerak pasif dan alat gerak aktif. Alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal melakukan pergerakan. Sehingga kerja sama antar kedua alat gerak tersebut membentuk suatu system yang di sebut system gerak.

Contohnya seperti hewan kelinci, kelinci memiliki bulu tebal dan gerak-geriknya lincah. Kenapa kelinci bisa meloncat dan berlari dengan sangat lincah? Benar, kelinci dapat bergerak lincah karena didukung oleh organ-organ gerak. Kaki merupakan salah satu organ gerak pada kelinci. Dengan kaki, kelinci dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

Pada dasarnya, organ gerak kelinci serta hewan lainnya hampir sama dengan organ gerak manusia. Tanpa organ gerak kita tidak bisa melakukan kegiatan apa pun.

Tugas 2:
1. Tuliskanlah pokok pikiran setiap paragraf pada teks tersebut secara tertulis dengan                    bahasamu  sendiri!

Ayah/Bunda berkesempatan untuk berdiskusi dengan Ananda tentang bagaimana menentukan pokok pikiran pada teks. Setelah itu, hasil identifikasi pokok pikiran pada teks tersebut, difoto.

Laporkan hasil pekerjaan kalian dengan mengirimkan foto tersebut ke Bapak/Ibu guru ya. Ayah/Bunda, tolong bantu dan awasi anak-anaknya ya. Biarkan mereka mencoba dan berusaha sendir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG