IDE POKOK

Kamis, 30 Juli 2020

OTOT MANUSIA


     Manusia memiliki otot dengan beberapa fungsi. Fungsi utama otot pada manusia yaitu untuk bergerak. Selain itu, otot juga memiliki fungsi untuk mendukung tubuh,menjaga postur tubuh, enjaga suhu tubuh dan sebagainya. Fungsi-fungsi otot ini dapat dilakukan jika otot dalam kondisi sehat. 

      Otot pada manusia berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerakan tersebut dilakukan secara sadar. Gerakan yang disengaja juga membutuhkan usaha pada tiap bagian otot.Gerakan yang disengaja sering dilakukan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya gerak ketika berjalan, membungkuk, memutar, memegang dan mengangkat. 

     Otot manusia juga berperan dalam gerakan yang tidak disengaja. Gerakan tersebut terjadi secara otomatis. Misalnya,gerakan ketika bernapas, gerak pencernaan melalui sistem pencernaan, dan gerakan detak jantung. 

     Otot dalam tubuh manusia juga berfungsi mendukung tubuh, terutama otot pada rangka. Ketka kita duduk atau berdiri, otot-otot rangka melakukan penyesuaian gerakan dengan memperkuat sendi dan menopang tulang.Otot rangka memegang peranan penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan melakukan aktivitas fisik.Dengan demikian tubuh berada pada posisi yang tepat. 

      Fungsi lain dari otot yaitu mempertahankan postur tubuh.Otot rangka membantu manusia berdiri dan mempertahankan sikap tegak.Otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh. Jika kita memiliki otot yang kuat kesehatan tubuh kita juga akan terjaga. Kita juga bisa melakukan berbagai kegiatan dengan baik. Dengan demikian manusia bisa melakukan berbagai kegiatan dengan baik. 

Kalian sudah membaca teks berjudul otot manusia. Teks tersebut terdiri dari lima paragraph.Nah tugas kalian hari ini adalah menentukan ide pokok dari dari teks yang telah kalian baca

Kalian bisa menuliskan ide pokok setiap paragraph dari teks seperti berikut ini : 
1. Paragraf 1 : ……………….. 
2. Paragraf 1 : ……………….. 
3. Paragraf 1 : ………………..
4. Paragraf 1 : ……………….. 
5. Paragraf 1 : ……………….. 

Kalian bisa berdiskusi dengan Ayah/Bunda atau anggota keluarga lain yang ada di rumah. Tuliskan pada buku tugasmu, Kalau sudah selesai kalian bisa mengirimkan tugasnya berupa foto ke WAG!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG