POKOK PIKIRAN PADA TEKS

Jum'at, 17 Juli 2020

Bahasa Indonesia
3.1. Menentukan pokok pikiran teks lisan dan tulis
4.1. Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan                 visual.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.1. Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan         alat gerak manusia.
4.1. Membuat model sederhana alat gerak hewan dan manusia

POKOK PIKIRAN PADA TEKS

Pada materi sebelumnya, ananda sudah berlatih menentukan pokok pikiran. Agar ananda lebih memahami tentang pokok pikiran pada teks. Supaya lebih jelas dalam menentukan pokok pikiran yuk simak video berikut ini ! 



Bagaimana, sudah jelas bukan? Apabila ada yang kurang jelas, Ananda dapat bertanya melalui WAG kepada Bapak/Ibu guru ya. 

Meong Kucingku yang Lucu 

Aku mempunyai hewan kesayangan. Hewan kesayanganku adalah seekor anak kucing yang kuberi nama Meong. Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan bagiku. Apalagi hewan peliharaan tersebut sudah memiliki kedekatan seperti layaknya seorang sahabat. Hal itulah yang membuat aku mau memiliki hewan peliharaan.

Aku bermain dengan hewan. kesayanganku setiap hari. Meong merupakan anak kucing yang ramah dan setia. Hampir setiap hari aku bermain dengannya. Dia selalu ingin diajak bermain, berlarian kesana kemari, atau mengejar serangga dan capung di halaman rumah. Aku dan Meong juga sering bermain sambil bercanda dan berkejar-kejaran. Dia mengejarku sambil mengeongngeong dan mengibaskan ekornya. 

Aku rajin memberinya makan. Aku memberi makan Meong secara teratur, tiga kali sehari. Dia menyukai hampir semua makanan yang aku berikan padanya, semisal ikan asin, ikan dan daging baik mentah atau pun matang, atau bahkan tulang ayam dan ikan. Dia hanya minum air putih karena aku tak pernah memberinya susu. 

Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku memandikannya tiga kali seminggu. Kadang aku membawanya ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya. Selain itu kandangnya aku bersihkan hampir setiap hari. Semua aku lakukan agar Meong tumbuh dengan sehat dan dapat menemaniku saat ada di rumah

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Tentukan pokok pikiran pada teks. (teks terlampir di bawah) secara tertulis dengan bahasa kalian        sendiri!. 
2. Tuliskan juga alat gerak hewan yang ada pada teks, serta fungsi alat gerak hewan tersebut! 

Laporkan hasil pekerjaanmu dengan mengirimkan foto tersebut ke Bapak/Ibu guru ya! 
Ayah/Bunda, tolong bantu dan awasi anak-anaknya ya. Biarkan mereka mencoba dan berusaha sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG