BDR Jum'at, 18 Maret 2022
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 3 (Upaya Pelestarian lingkungan)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 3 (Upaya Pelestarian lingkungan)
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat menjelaskan siklus air dan membuat diagram lingkaran dalam persen
dengan teliti dan tanggung jawab.
IPA
3.7. Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber.
Siklus Air
Ananda, salah satu cara kita menjaga kesehatan adalah
dengan melakukan kegiatan PSN (Pemberantasan
Sarang Nyamuk) seminggu sekali. Untuk Ananda yang
belajar dari rumah Ayo, sekarang Ananda lakukan kegiatan
PSN, supaya lebih cepat dan ringan, lakukan Bersama
anggota keluarga ya!
Jangan lupa menghemat air dengan mematikan kran air
setelah selesai dipakai. Menghemat air dan menjaga
kebersihan lingkungan rumah dan sekitar adalah kewajiban
Ananda dan anggota keluarga lainnya.
Air merupakan sumber kehidupan di bumi. Makhluk hidup
membutuhkan air setiap hari. Menurutmu, mengapa air tak
kunjung habis walau terus menerus digunakan? Air yang ada
di permukaan bumi selalu tetap karena mengalami siklus
air.
Apakah siklus air itu?
Ayo simak video pada tautan link berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=S0JMeCWD8GE
Bagaimana videonya? Menarik bukan?
Sekarang perhatikan bagan proses siklus air berikut ini!
1. Apa yang dimaksud siklus air?
2. Uap air yang berasal dari daratan dan lautan
merupakan bagian dari tahap siklus air yang disebut....
3. Mengapa air di bumi tidak pernah habis walaupun
digunakan secara terus menerus?
4. Dari manakah asal persediaan air sungai di daratan?
5. Jelaskan proses terjadinya hujan!
Matematika
3.6 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan
membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram
batang, atau diagram garis.
4.6 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
dan .membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram
batang, atau diagram garis
Diagram lingkaran dalam
persen
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar tentang
diagram garis. Pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari
tentang diagram lingkaran persen. Tahukah kalian diagram
lingkaran adalah salah satu cara penyajian data. Biasanya diagram
lingkaran digunakan untuk tujuan perbandingan. Umumnya
diagram lingkaran banyak digunakan untuk presentase,
menentukan statistik dan lain-lain. Diagram lingkaran memiliki
beberapa bentuk, salah satunya dalah diagram lingkaran dalam
bentuk persen (%).
Untuk lebih jelasnya mari kita simak video pada tautan link
berikut!
https://youtu.be/8fj8kDbk4xY
Bagaimana videonya? mudah dipahami bukan? Setelah menyimak
video pastinya Ananda sudah memahami langkah-langkah
membuat diagram lingkaran dalam persen.
Sekarang Ayo berlatih soal!
1. Berikut data hobi sekelompok siswa kelas V
Buatlah diagram lingkaran dalam persen dari data tersebut!
2. Berikut data siswa yang mengikuti kegiatan ekskul!
Paskibra sebanyak 20 siswa
Drum band sebanyak 30 siswa
Menari sebanyak 40 siswa
Menyanyi sebanyak 10 siswa
Sajikan data tersebut dalam bentuk diagram lingkaran dalam persen(%)!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anakanak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih
seru lagi.
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya.
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa
sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Selalu taati protokol kesehatan ya, Jangan abai karena covid
masih mengintai. Jangan lengah, tetap waspada! karena covid
masih ada
Komentar
Posting Komentar