BDR Jum'at, 18 Maret 2022

Sekolah      : SDN Lenteng Agung 11
Kelas         : 5 (Lima) 
Tema         : 8 (Lingkungan Sahabat Kita) 
Subtema    : 3 (Upaya Pelestarian lingkungan) 
Semester   : 2

Tujuan Pembelajaran 
Setelah menyimak video peserta didik dapat menjelaskan siklus air dan membuat diagram lingkaran dalam persen dengan teliti dan tanggung jawab.

IPA 
3.7. Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. 
4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber.

Siklus Air

Ananda, salah satu cara kita menjaga kesehatan adalah dengan melakukan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) seminggu sekali. Untuk Ananda yang belajar dari rumah Ayo, sekarang Ananda lakukan kegiatan PSN, supaya lebih cepat dan ringan, lakukan Bersama anggota keluarga ya! 

Jangan lupa menghemat air dengan mematikan kran air setelah selesai dipakai. Menghemat air dan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitar adalah kewajiban Ananda dan anggota keluarga lainnya. Air merupakan sumber kehidupan di bumi. Makhluk hidup membutuhkan air setiap hari. Menurutmu, mengapa air tak kunjung habis walau terus menerus digunakan? Air yang ada di permukaan bumi selalu tetap karena mengalami siklus air. Apakah siklus air itu? 
Ayo simak video pada tautan link berikut ini! 

                        https://www.youtube.com/watch?v=S0JMeCWD8GE 

Bagaimana videonya? Menarik bukan? Sekarang perhatikan bagan proses siklus air berikut ini!

1. Apa yang dimaksud siklus air?
2. Uap air yang berasal dari daratan dan lautan merupakan bagian dari tahap siklus air yang disebut.... 
3. Mengapa air di bumi tidak pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus? 
4. Dari manakah asal persediaan air sungai di daratan? 
5. Jelaskan proses terjadinya hujan!


Matematika 
3.6 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram garis. 
4.6 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan .membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram garis

Diagram lingkaran dalam persen

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar tentang diagram garis. Pada pembelajaran hari ini kita akan mempelajari tentang diagram lingkaran persen. Tahukah kalian diagram lingkaran adalah salah satu cara penyajian data. Biasanya diagram lingkaran digunakan untuk tujuan perbandingan. Umumnya diagram lingkaran banyak digunakan untuk presentase, menentukan statistik dan lain-lain. Diagram lingkaran memiliki beberapa bentuk, salah satunya dalah diagram lingkaran dalam bentuk persen (%). 

Untuk lebih jelasnya mari kita simak video pada tautan link berikut! 

                        https://youtu.be/8fj8kDbk4xY 

Bagaimana videonya? mudah dipahami bukan? Setelah menyimak video pastinya Ananda sudah memahami langkah-langkah membuat diagram lingkaran dalam persen. 

Sekarang Ayo berlatih soal! 
1. Berikut data hobi sekelompok siswa kelas V 
    Buatlah diagram lingkaran dalam  persen dari data tersebut! 

2. Berikut data siswa yang mengikuti kegiatan ekskul! 
    Paskibra sebanyak 20 siswa
    Drum band sebanyak 30 siswa
    Menari sebanyak 40 siswa
    Menyanyi sebanyak 10 siswa
    Sajikan data tersebut dalam bentuk diagram lingkaran dalam persen(%)!


Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anakanak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. 

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok! 

Selalu taati protokol kesehatan ya, Jangan abai karena covid masih mengintai. Jangan lengah, tetap waspada! karena covid masih ada



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA