BDR Selasa, 15 Maret 2022

Sekolah          : SDN Lenteng Agung 11
Kelas              : 5 (Lima) 
Tema              : 8 (Lingkungan Sahabat Kita) 
Subtema         : 2 (Perubahan Lingkungan)
Semester        : 2

Tujuan Pembelajaran 
Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi air serta dapat menyebutkan bagian-bagian surat undangan resmi dan membuat surat undangan resmi dengan teliti dan percaya diri. 

Bahasa Indonesia 
3.5 Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) 
4.5 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.

Surat Undangan Resmi

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar tentang pengertian dan ciri-ciri surat undangan resmi. Undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan. Surat undangan resmi adalah surat yang mengharapkan kehadiran seseorang/pihak pada suatu acara atau keperluan tertentu, pada waktu dan tempat yang sudah dipastikan ditulis secara formal Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu? Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya? 

Selanjutnya tugas Ananda adalah 
1. Menuliskan bagian-bagian surat undangan resmi yang terdapat di lampiran! 
 

2. Buatlah surat undangan resmi!

IPA 
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. 4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber. 

Fungsi Air

Ananda tentunya sudah membaca teks tentang fungsi air pada link yang diberikan sebelumnya. Salah satu unsur penting dalam lingkungan adalah air. Air sangat diperlukan bagi kehidupan di bumi. Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. 

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Selain manusia hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidup. Karena itu makan penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah, dan limbah yang dapat membuat pencemaran air agar fungsi air terjaga. 

Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya! 

                    https://youtu.be/Ky6kB5bU_10 

Selanjutnya tugas ananda adalah mengidentifikasikan fungsi air bagi manusia tumbuhan dan hewan! Tuliskan masing-masing 4 contoh fungsi air pada peta konsep yang berikut ini! ( Buku Paket Tema 8 hal: 4 ) 



Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3MCvRDE 

Persiapkan diri kalian! Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! Selalu taati protokol kesehatan ya, Jangan abai karena covid masih mengintai. Jangan lengah, tetap waspada! karena covid masih ada. 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG