BDR Jum'at, 11 Maret 2022
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 1 (Manusia dan Lingkungan)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 1 (Manusia dan Lingkungan)
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri air bersih dan menjelaskan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dengan teliti dan tanggung jawab.
IPA
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber.
Ciri-ciri air bersih
Ananda, Jangan lupa sarapan menggunakan menu
yang mengandung gizi seimbang ya. Karena
mengonsumsi menu makanan dengan menu bergizi
dapat menjaga imunitas tubuh pada masa pandemi ini
dan jangan lupa minum air putih.
Air adalah salah satu sumber daya alam yang
dimanfaatkan oleh banyak makhluk hidup di dunia
ini.Terutama dimanfaatkan manusia untuk minum. Air
adalah kebutuhan utama dan menjadi kebutuhan
mendasar bagi makhluk hidup sehingga menjaga
kebersihan air menjadi hal penting bagi kelangsungan
hidup. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga
kelestarian air bersih agar dapat dinikmati sampai
generasi masa depan nanti.
Dengan menjaga kebersihan lingkungan maka air di
sekitar kehidupan kita tidak akan mudah tercemar.
Sehingga air yang dipakai dan yang dikonsumsi tidak
tercemar dan kotor serta aman digunakan.
Kemarin, Ananda sudah mengamati kondisi air bersih
di rumah. Ananda juga sudah belajar ciri-ciri air bersih,
diantaranya yaitu tidak berbau, tidak berasa, dan tidak
berwarna. Ciri-ciri tersebut juga merupakan ciri air
bersih layak minum yaitu air putih.
Sekarang, simak video pada link tautan berikut!
https://youtu.be/uD0EHiAJo8w
Setelah menonton video, tugas Ananda adalah
menjawab pertanyaan berikut!
1. Apa yang dimaksud air minum?
2. Sebutkan syarat-syarat air minum/air bersih menurut departemen kesehatan! (5)
3. Jelaskan manfaat minum air putih! (5)
4. Berapa banyak air minum yang disarankan untuk diminum setiap hari?
5. Sebutkan dan jelaskan salah satu sumber daya alam
terbesar di dunia yang pengaruhnya sangat besar bagi
manusia!
Tulis jawaban Ananda pada buku tugas ya
PPKn
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan
hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk
membangun kerukunan.
Persatuan dan Kesatuan
Ananda, Telah kita ketahui bersama, bangsa kita
adalah bangsa besar dengan keragaman sosial dan
budayanya. Keragaman tersebut terikat dalam
semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Itulah yang
menjadi dasar bagi kita untuk hidup rukun dengan
mengedepankan sikap persatuan. Diperlukan juga
kesadaran diri dari setiap warga negara Indonesia
untuk berjiwa besar menerima perbedaan dengan
mengedepankan sikap toleransi.
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah
belajar tentang perjuangan bangsa Indonesia
melawan penjajah. Dengan mempelajari sejarah
perjuangan bangsa melawan penjajah, banyak
pelajaran yang kita petik. Kita menjadi tahu bahwa
persatuan dan kesatuan memiliki arti penting
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Persatuan dan kesatuan dapat kita wujudkan
dengan kegiatan kita sehari-hari di rumah.
Mari kita simak video berikut untuk lebih jelasnya!
https://youtu.be/B3CODgYbR10
Sekarang, tugas Ananda adalah amatilah kegiatan sehari-hari anggota keluargamu di rumah. Identifikasi dan
sebutkan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan
adanya persatuan dan kesatuan
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai.
Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita
akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian
untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar
Persiapkan diri kalian!
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan
membaca doa sesudah belajar!
Komentar
Posting Komentar