BDR Rabu, 16 Maret 2022
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 2 (Perubahan Lingkungan)
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 8 (Lingkungan Sahabat Kita)
Subtema : 2 (Perubahan Lingkungan)
Semester : 2
Tujuan Pembelajaran :
Setelah menyimak vidio peserta didik dapat menjelaskan fungsi air bagi manusia secara langsung dan
tidak langsung serta dapat menyajikan data dalam diagram garis.
IPA
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
mahluk hidup.
4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai
sumber.
Fungsi Air
Ananda tentunya sudah mengetahui air adalah
sumber daya alam yang memiliki banyak
manfaat bagi makhluk hidup. Air sangat penting
bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai
kegiatan di bumi. Selain manusia hewan dan
tumbuhan juga membutuhkan air untuk
menjaga kelangsungan hidup. Karena itu maka
penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap
selalu melestarikan dan menjaga air yang kita
gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan
melakukan pengelolaan air yang baik seperti
penghematan, tidak membuang sampah, dan
limbah yang dapat membuat pencemaran air
agar fungsi air terjaga.
Kemarin Ananda sudah
mengidentifikasi fungsi air bagi manusia,
tumbuhan dan hewan.
Air dimanfaatkan manusia secara langsung dan
tak langsung. Untuk lebih jelasnya saksikan
video pada tautan link berikut!
https://youtu.be/Qdg9fZE2vDU
Selanjutnya tugas Ananda adalah menjawab
pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara menjaga dan melestarikan air? (3)
2. Tuliskan 6 Fungsi air bagi manusia!
3. Sebutkan manfaat air bagi manusia secara
langsung!
4. Sebutkan manfaat air bagi manusia secara
tidak langsung!
5. Jelaskan manfaat air bagi hewan dan tumbuhan!
Matematika
3.6 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didikdan
membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram
batang, atau diagram garis.
4.6 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik
dan .membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel,
diagram batang, atau diagram garis.
Diagram Garis
Ananda tentunya sudah membaca tentang diagram garis pada link yang
diberikan sebelumnya. Diagram garis adalah cara penyajian data
menggunakan garis penghubung dari titik-titik yang memiliki nilai
tertentu. Sebenarnya diagram garis memiliki fungsi yang sama dengan
diagram batang, yaitu menyajikan data dalam kurun waktu tertentu.
Hanya saja sumbu garis yang digunakan pada diagram garis tidak bisa
dibalik seperti pada diagram batang. Sumbu mendatar dalam diagram
garis selalu menunjukkan waktu dan garis tegak menunjukkan nilai atau
data yang ada.
Mari kita simak penjelasan dan contohnya pada video berikut :
https://youtu.be/zPrZy111SLc
Bagaimana videonya? Mudah difahami bukan? Tugas kalian selanjutnya
adalah :
Menyajikan data dalam bentuk diagram garis dari soal berikut :
1. Perhatikan data penjualan Tas di suatu toko selama beberapa bukan
berikut.
Sajikanlah data tersebut dalam bentuk diagram garis!
2. Banyaknya siswa SD Makmur yang mendapat beasiswa di kecamatan tahun 2012-2016 adalah sebagai berikut.
Tahun 2012 sebanyak 10 orang
Tahun 2013 sebanyak 12 orang
Tahun 2014 sebanyak 8 orang
Tahun 2015 sebanyak 16 orang
Tahun 2016 sebanyak 12 orang
Sajikan data tersebut ke dalam bentuk diagram gambar dan diagram garis!
3. Hari lahir siswa kelas V di sebuah SD tercatat sebagai berikut:
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak
tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!
Siapkan bahan-bahan berikut! Kita akan membuat buklet cara-cara
memelihara ketersediaan air.
Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah
belajar!
Komentar
Posting Komentar