BDR Rabu, 16 Maret 2022

Sekolah          : SDN Lenteng Agung 11
Kelas              : 5 (Lima) 
Tema              : 8 (Lingkungan Sahabat Kita) 
Subtema         : 2 (Perubahan Lingkungan)
Semester        : 2

Tujuan Pembelajaran :
Setelah menyimak vidio peserta didik dapat menjelaskan fungsi air bagi manusia secara langsung dan tidak langsung serta dapat menyajikan data dalam diagram garis.

IPA 
3.7 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup. 4.7 Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber.

Fungsi Air

Ananda tentunya sudah mengetahui air adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Selain manusia hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidup. Karena itu maka penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah, dan limbah yang dapat membuat pencemaran air agar fungsi air terjaga. 

Kemarin Ananda sudah mengidentifikasi fungsi air bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Air dimanfaatkan manusia secara langsung dan tak langsung. Untuk lebih jelasnya saksikan video pada tautan link berikut!
 
                        https://youtu.be/Qdg9fZE2vDU 

Selanjutnya tugas Ananda adalah menjawab pertanyaan berikut ini : 
1. Bagaimana cara menjaga dan melestarikan air? (3)
2. Tuliskan 6 Fungsi air bagi manusia!
3. Sebutkan manfaat air bagi manusia secara langsung! 
4. Sebutkan manfaat air bagi manusia secara tidak langsung! 
5. Jelaskan manfaat air bagi hewan dan tumbuhan!

Matematika 
3.6 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didikdan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram garis. 
4.6 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan .membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk tabel, diagram batang, atau diagram garis.

Diagram Garis

Ananda tentunya sudah membaca tentang diagram garis pada link yang diberikan sebelumnya. Diagram garis adalah cara penyajian data menggunakan garis penghubung dari titik-titik yang memiliki nilai tertentu. Sebenarnya diagram garis memiliki fungsi yang sama dengan diagram batang, yaitu menyajikan data dalam kurun waktu tertentu. Hanya saja sumbu garis yang digunakan pada diagram garis tidak bisa dibalik seperti pada diagram batang. Sumbu mendatar dalam diagram garis selalu menunjukkan waktu dan garis tegak menunjukkan nilai atau data yang ada. 

Mari kita simak penjelasan dan contohnya pada video berikut :
 
                        https://youtu.be/zPrZy111SLc 

Bagaimana videonya? Mudah difahami bukan? Tugas kalian selanjutnya adalah : 
Menyajikan data dalam bentuk diagram garis dari soal berikut : 

1. Perhatikan data penjualan Tas di suatu toko selama beberapa bukan berikut.

    Sajikanlah data tersebut dalam bentuk diagram garis! 

2. Banyaknya  siswa SD Makmur yang mendapat beasiswa di kecamatan tahun 2012-2016 adalah sebagai berikut.
Tahun 2012 sebanyak 10 orang
Tahun 2013 sebanyak 12 orang
Tahun 2014 sebanyak 8 orang
Tahun 2015 sebanyak 16 orang
Tahun 2016 sebanyak 12 orang
Sajikan data tersebut ke dalam bentuk diagram gambar dan diagram garis!

3. Hari lahir siswa kelas V di sebuah SD tercatat sebagai berikut:
Sajikan data tersebut ke dalam diagram batang dan diagram garis!

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Siapkan bahan-bahan berikut! Kita akan membuat buklet cara-cara memelihara ketersediaan air.

Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA