RINGKASAN TEKS EKPLANASI

Selasa, 18 Agustus 202

Ringkasan Teks Eksplanasi

Anak-anak kemarin baru saja kita merayakan Hari Ulang Tahun negara kita Republik Indonesia. Bagaimana kabar kalian hari ini? Masih semangat ya. 

Kalian tahu, tidak? Bahwa organ pernapasan dalam tubuh harus kita rawat dengan baik. Hal ini bertujuan agar badan kita tetap sehat dan tidak mengalami gangguan. 

Siapa di antara kalian yang suka membaca? Bagus! Nah saat membaca, hal penting yang harus kalian ingat adalah memahami Isi bacaan. Teks yang panjang dapat dibuat ringkasan. Untuk lebih jelasnya yuk, kita tonton video pada tautan berikut! 

Bagaimana videonya sudah jelas bukan? 

Tugas kalian sekarang adalah: 

1. Carilah teks eksplanasi dari internet atau majalah yang kalian punya! (Teks eksplasansi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa alam atau sosial). Hal : 23-24

2. Tentukan ide pokok/pokok pikiran  dari setiap paragraf teks tersebut! 

3. Buat ringkasan dari teks eksplanasi sesuai ide pokok! 

Untuk membuat Agar lebih jelas lagi, lihat contoh membuat ringkasan dari teks eksplanasi yang terlampir di bawah ini! 

Covid 19 adalah sebuah penyakit yang melanda dunia saat ini. Dengan jumlah korban jiwa mencapai ribuan orang, penyakit ini dengan cepat dinyatakan sebagai sebuah pandemi. Virus ini dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Banyak negara telah mencatatkan banyaknya korban. Tak sedikit dari antaranya yang berujung kepada kematian. Hal inilah yang menjadikan penyakit ini begitu ditakuti. 

Salah satu hal yang turut berperan besar adalah gaya hidup. Gaya hidup yang kurang sehat dan bersih menjadikan virus ini menyebar dengan cepat. Masyarakat mulai mengabaikan kebiasaan hidup sehat. Kurang menjaga kebersihan. Dan menganggak kuno kebiasaan kebiasaan sehat. 

Penanganan virus ini harus dilakukan dengan cepat, karena sudah dinyatakan sebagai sebuah pandemi, maka diperlukan kerja keras seluruh bangsa dan Negara di dunia ini. Upaya-upaya pemutusan mata rantai dilakukan berbagai daerah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

PSBB akan berhasil jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tinggi. Patuh terhadap aturan kesehatan. Memakai masker jika keluar rumah. Menghindari berkumpul dengan banyak orang. Rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Dan menjaga jarak minimal 1,5 meter. 

Ide Pokok: 

1. Covid 19 adalah sebuah penyakit yang melanda dunia saat ini 

2. Salah satu hal yang turut berperan besar adalah gaya hidup. 

3. Penanganan virus ini harus dilakukan dengan cepat, karena sudah dinyatakan sebagai sebuah pandemi, maka diperlukan kerja keras seluruh bangsa dan Negara di dunia ini. 

4. PSBB akan berhasil jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tinggi. 

Ringkasan 

Covid 19 adalah sebuah penyakit yang melanda dunia saat ini. Salah satu hal yang turut berperan besar adalah gaya hidup. Penanganan virus ini harus dilakukan dengan cepat, karena sudah dinyatakan sebagai sebuah pandemi, maka diperlukan kerja keras seluruh bangsa dan negara di dunia ini. PSBB akan berhasil jika kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tinggi.

Sebagai tugas kalian bacalah teks ekplanasi yang terdapat pada buku paket halaman : 23-24 dengan judul teks" " Hari Menanam Pohon"

Tulis hasil kegiatan kalian pada buku kerja kalian. Kemudian minta bantuan orang tua atau orang yang mendampingi kalian untuk memfoto hasil tulisan kalian. 

Laporkan hasil pekerjaan kalian dengan mengirimkan foto tersebut ke Bapak/Ibu guru ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG