PENTINGNYA MEMAKAI MASKER

 Senin, 24 Agustus 2020

RINGKASAN TEKS EKPLANASI

Anak-anak kemarin kita telah mempelajari tentang cara membuat ringkasan teks eksplanasi. Untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat ringkasan, kali ini kita akan membuat ringkasan kembali dengan teks yang berbeda. 

Bacalah teks berikut!

PENTINGNYA MEMAKAI MASKER SAAT PANDEMI COVID-19 

          Pandemi virus corona covid-19 masih belum berakhir. Kini jumlah orang yang terpapar di Indonesia mengalami kenaikan. Per Senin (6/4/2020) jam 08.00 WIB, kasus positif COVID-19 tercatat 2.273 (naik 181) dengan angka kematian mencapai 198 (8,7 persen). Menyikapi situasi terkini, per Minggu (5/4/2020), Pemerintah Indonesia menganjurkan setiap warga yang beraktivitas di luar rumah untuk mengenakan masker. 

          Pada awal kemunculan virus corona covid-19 di Indonesia, pemerintah menganjurkan pemakaian masker hanya bagi mereka yang merasa kurang sehat saja. Anjuran memakai masker juga diterapkan pada orang yang sehat, tidak terbatas bagi mereka yang merasa kurang enak badan.Namun, mulai sekarang, apakah Anda sedang tak enak badan atau merasa sehat, sebaiknya memakai masker terutama saat bepergian pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. 

          Hal ini selaras dengan studi terbaru di Amerika Serikat, yang mengarahkan semua orang harus mengenakan masker untuk pencegah penularan virus corona.Seperti dilansir dari Antara, Senin (6/4/2020), berdasarkan hasil studi Komisi Tetap penyakit Menular dan Ancaman Abad 21 di Amerika Serikat, virus corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan normal dengan orang terpapar.

Tugas anak-anak adalah: 
1. Tentukan ide pokok dari setiap paragraf teks tersebut! 

2. Buat ringkasan dari teks eksplanasi sesuai ide pokok! 

Tulis hasil belajar kalian pada buku kerja kalian. Jangan lupa tulis nama dan kelas pada buku kalian, kemudian minta bantuan orang tua atau orang yang mendampingi kalian untuk memfoto hasil tulisan kalian. 

Laporkan hasil pekerjaan kalian dengan mengirimkan foto tersebut ke Bapak/Ibu guru ya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG