BDR Rabu, 21 Juli 2021
Tema : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
Pada Kegiatan 1 Ananda telah menuliskan contoh pengamalan Pancasila sila ke-1 di lingkungan masyarakat.Sekarang kita akan menggambar ilustrasi dari contoh pengamalan Pancasila yang telah Ananda sebutkan pada kegiatan 1.
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Dasar:
PKN
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Pengamalan Pancasila sila
ke-1 di lingkungan
masyarakat
Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks
bacaan tentang nilai-nilai yang terkandung pada sila
pertama Pancasila pada link yang telah dikirim
kemarin, jika belum coba ananda baca kembali teks berikut!
Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila Pertama Pancasila
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini. Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sisoal budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, amai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.
Ananda, kita patut mensyukuri segala karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Bersyukur merupakan pencerminan nilai Pancasilla Ketuhanan
Yang Maha Esa
Yang Maha Esa
Perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila baik untuk kita lakukan. Sebaliknya kita hindari perilaku yang tidak sesuai dengan nilai pancasila. Untuk lebih jelasnya tentang pengamalan Pancasila sila ke 1, yuk kita lihat video pada tautan berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=htNzWvGvxG8&t=49s
Bagaimana videonya, menarik bukan?. Selanjutnya diskusikan dengan Ayah, Bunda, kakak, atau siapa pun yang mendampingi Ananda belajar tentang pengamalan sila pertama Pancasila di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal Ananda. Kemudian tuliskan pada tabel berikut di buku tugas Ananda!!
Pengamalan
Pancasila Sila ke-1 di Lingkungan Masyarakat |
1 2 3 |
Kompetensi Dasar:
SBdP
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita
Gambar Ilustrasi
Apa yang dimaksud dengan gambar ilustrasi? Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas maksud dari cerita, berita maupun pesan. Ananda bisa melihat contoh gambar pengamalan Pancasila sila ke-1 pada lampiran!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Sebelum membuat gambar ilustrasi yuk kita pahami dulu langkah-langkahnya pada tautan berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=8z0xIzuFHk8&t=162s
Bagaimana videonya menarik bukan? Sekarang yuk, kita siapkan alat dan bahan untuk menggambar ilustrasi. Alat yang dibutuhkan adalah: kertas gambar, pensil, penghapus dan pewarna.
Tugas Ananda:
1. Buatlah gambar ilustrasi berdasarkan pengamalan Pancasila sila ke-1, jangan lupa diberi warna agar gambarnya menjadi lebih indah!
2. Jika sudah selesai, ayo, ceritakan cara membuat gambar tersebut kepada Ayah Bunda atau siapapun yang mendampingi Ananda.
Kirim hasil pekerjaan Ananda berupa foto ya, minta orang tua atau siapa pun yang mendampingi untuk memfotokan hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya di WA Guru kelas atau pun ke Classroom.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai,Pelajari link berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran kita besok.
https://www.youtube.com/watch?v=r9jiB-T-hLU
Komentar
Posting Komentar