BDR Kamis, 22 Juli 2021

Tema            : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia 
Sub Tema     : 2. Manusia dan Lingkungan 
Semester      : I (Ganjil)

Kompetensi Dasar:
IPS 
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. 
4.1 Menyajikan hasil Identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara Kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

Pengaruh Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim bagi kehidupan ekonomi dan sosial 

Ananda, pastinya kalian sudah melihat video tentang keragaman karakteristik geografis Indonesia pada tautan yang telah diberikan kemarin. Jika Ananda belum menyimaknya
sebelum kita mulai pada inti materi pada hari ini, yuk kita simak video pembelajarannya!


Kalian tahu tidak? Secara geografis Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Hal ini membuat Indonesia sering disebut negara maritim. Kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan membawa banyak keuntungan. Secara geografis Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Untuk lebih jelasnya yuk, kita lihat pada tautan berikut ini! 

  https://www.youtube.com/watch?v=yAMOh-vesjM 

Bagaimana videonya menarik bukan? Ayo, kalian tuliskan pada buku kerja kalian! Apa yang dapat kalian simpulkan dari isi video tersebut? Untuk dapat menyimpulkan isi video tersebut, kalian bisa dengan menjawab pertanyaan berikut: 

1. Apa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut yang terdapat pada video? 
2. Apa dampak positif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya? 
3. Apa dampak negatif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya? 
4. Apa pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai Negara Maritim bagi kehidupan ekonomi? 

Kerjakan di buku tugas kalian! Setelah selesai, kirimkan jawaban ke WA Guru Kelas ataupun ke Classroom. 


Kompetensi Dasar:
Matematika 
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut yang berbeda. 
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut yang berbeda. 

Penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran

Selanjutnya, Kita ingin mempelajari matematika dengan melakukan penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran. Untuk menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran, coba ingat kembali cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. 

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat video berikut ini!
 
           https://www.youtube.com/watch?v=0e93ZSx9J1E 

Bagaimana videonya mudah dipahami bukan? Yuk, kita kerjakan soal dibawah ini ! 
      

Kirim hasil pekerjaan kalian berupa foto ya, minta orang tua kalian untuk memfotokan hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya di WA Guru kelas atau pun ke Classroom. 

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran kita besok.

https://drive.google.com/file/d/1My4cym4MO_fieLlbsN hM4nXhZZNCpuJc/view?usp=sharing 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa! 
Terima kasih, sampai jumpa besok! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA