BDR Kamis, 22 Juli 2021
Tema : 1. Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
Sub Tema : 2. Manusia dan Lingkungan
Semester : I (Ganjil)
Kompetensi Dasar:
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil Identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
Kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
Pengaruh Kondisi geografis
Indonesia sebagai
negara maritim bagi
kehidupan ekonomi dan
sosial
Ananda, pastinya kalian sudah melihat video tentang
keragaman karakteristik geografis Indonesia pada tautan
yang telah diberikan kemarin. Jika Ananda belum menyimaknya
sebelum kita mulai pada inti materi pada hari ini, yuk kita simak video pembelajarannya!
Kalian tahu tidak? Secara geografis Indonesia memiliki
wilayah laut yang sangat luas. Hal ini membuat Indonesia
sering disebut negara maritim. Kondisi geografis
indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan
membawa banyak keuntungan. Secara geografis
Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Untuk lebih
jelasnya yuk, kita lihat pada tautan berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=yAMOh-vesjM
Bagaimana videonya menarik bukan? Ayo, kalian tuliskan
pada buku kerja kalian! Apa yang dapat kalian simpulkan
dari isi video tersebut? Untuk dapat menyimpulkan isi
video tersebut, kalian bisa dengan menjawab pertanyaan
berikut:
1. Apa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan
pemanfaatan sumber daya laut yang terdapat pada
video?
2. Apa dampak positif akibat pengaruh kondisi geografis
Indonesia terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya?
3. Apa dampak negatif akibat pengaruh kondisi geografis
Indonesia terhadap kondisi ekonomi masyarakatnya?
4. Apa pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai
Negara Maritim bagi kehidupan ekonomi?
Kerjakan di buku tugas kalian! Setelah selesai, kirimkan
jawaban ke WA Guru Kelas ataupun ke Classroom.
Kompetensi Dasar:
Matematika
3.1 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan
penyebut yang berbeda.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua
pecahan dengan penyebut yang berbeda.
Penjumlahan pecahan biasa
dengan pecahan
campuran
Selanjutnya, Kita ingin mempelajari matematika dengan
melakukan penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan
campuran. Untuk menjumlahkan pecahan biasa dengan
pecahan campuran, coba ingat kembali cara mengubah
pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat video berikut ini!
https://www.youtube.com/watch?v=0e93ZSx9J1E
Bagaimana videonya mudah dipahami bukan?
Yuk, kita kerjakan soal dibawah ini !
Kirim hasil pekerjaan kalian berupa foto ya, minta orang
tua kalian untuk memfotokan hasil pekerjaan kalian dan
mengunggahnya di WA Guru kelas atau pun ke Classroom.
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai,
Pelajari link berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran
kita besok.
https://drive.google.com/file/d/1My4cym4MO_fieLlbsN
hM4nXhZZNCpuJc/view?usp=sharing
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!
Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar