BDR Senin, 25 Oktober 2021
Sekolah : SDN Lenteng Agung 11
Kelas : 5 (Lima) Tema : 4. (Sehat Itu Penting)
Sub Tema : 1 (Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah)
Semester : I (Ganjil)
IPA
Kompetensi Dasar :
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsnya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan organ peredaran manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
Denyut jantung dan denyut
nadi
Ananda pastinya sudah membaca tautan link yang
dikirimkan pada akhir pekan lalu, dan sudah mengetahui
apa saja organ peredaran darah pada manusia. Di
antaranya adalah jantung yang berfungsi memompa
darah ke seluruh tubuh. Ananda pasti masih ingat
jantung terdiri atas empat ruangan, yaitu serambi kanan,
serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Dan tahukah
Ananda denyut jantung seirama dengan denyut nadi,
kita dapat mengetahui kecepatan denyut jantung (Detak
jantung).
Pembuluh nadi terlihat jelas di bawah kulit pergelangan
tangan dan leher. Oleh karena itu kita dapat mengukur
denyut jantung kita sendiri dengan cara menekan
pembuluh nadi di pergelangan tangan atau di leher.
Untuk lebih jelasnya ayo amati dan simak vidio berikut!
Bagaimana videonya menarik sekali bukan? Pastinya
sekarang Ananda sudah dapat mengukur denyut jantung
sendiri.
Sekarang, Ayo mencoba, mengukur denyut nadi!
Tujuannya : mengamati perbedaan denyut nadi sebelum
beraktivitas dan setelah beraktivitas.
Tugas Ananda adalah Melakukan percobaan denyut nadi sebelum dan
sesudah aktivitas bersama ayah/bunda atau saudaramu
di rumah seperti pada Video!
Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang ada pada
lampiran!
Lampiran
Kegiatan 1 ( IPA )
Ayo Mencoba
Tujuan : Mengamati perbedaan denyut nadi sebelum beraktifitas dan setelah beraktiftas.
Langkah kegiatan :
1. Lakukan berpasangan dengan teman atau saudaramu yang ada dirumah!
2. Rabalah nadi pada pergelangantangan teman atau saudaramu, kemudian tekan nadi sampai
terasa denyutnya!
3. Hitunglah denyut nadi selama satu menit, kemudian catat!
4. Mintalah teman atau saudaramu melakukan gerakan fisik, misalnya lari ditempat
atau melompat-lompat selama satu menit!
5. Setelah itu, hitung kembali denyut nadi teman atau saudaramu selama satu
menit, dan catat!
6. Apakah ada perbedaan jumlah denyut nadi sebelum dan sesudah melakukan
aktifitas fisik?
7. Mengapa terjadi perbedaan pada denyut nadi sebelum dan setelah beraktifitas?
8. Apa yang dapat kalian simpulkan dari kegiatan ini?
Videokan atau foto aktivitasmu sesuai langkah-langkah ( foto kegiatan 2, 3, 4, 5)! Kemudian laporkan
hasil percobaanmu melalui voice note dan kirim ke WA Guru kelas
PPKn
Kompetensi Dasar :
1.2 Menghargai hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat
beragama dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menuliskan contoh hak, kewajiban, dantanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
Hak dan kewajiban anak di
rumah
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah mempelajari
hak dan kewajiban anak di rumah. Ingatlah bahwa hak dapat
di peroleh setelah melakukan kewajiban.
Ayo ingat kembali arti kewajiban! Yaitu segala sesuatu yang
harus dilaksanakan dan sebuah keharusan.
Seperti sekarang ini, kita mempunyai kewajiban menjaga
kesehatan tubuh kita, salah satunya menjaga organ
peredaran darah dengan makan makanan bergizi, olahraga
teratur dan membersihkan lingkungan sekitar kita.
Lalu apa lagi ya kewajiban anak di rumah? Tentunya banyak
sekali. Untuk mengetahui lebih banyak lagi kewajiban-kewajiban anak di rumah lainnya, ada baiknya Ananda
menyimak kembali video pada tautan link berikut!
Tugas Ananda sekarang adalah mengerjakan soal latihan pada link berikut ini!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan
besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu
https://pintarinah.blogspot.com/2021/10/contohinteraksi-sosial-dalam-kehidupan.html
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan
membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa
besok!
Komentar
Posting Komentar