BDR Senin, 11 Oktober 2021
Kelas : 5 (Lima)
Tema : 4. (Sehat Itu Penting)
Sub Tema : 1 (Peredaran Darahku Sehat)
Tema : 4. (Sehat Itu Penting)
Sub Tema : 1 (Peredaran Darahku Sehat)
Semester : I (Ganjil)
IPA
Kompetensi Dasar :
3.4 Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsnya pada hewan dan manusia serta
cara memelihara kesehatan organ peredaran manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
Sistem Peredaran Darah Burung
Kita masih bisa bernapas sampai hari ini. Tentu saja semua
berkat karunia dari Tuhan Yang Mahakuasa. Mari untuk
mensyukuri berkah kehidupan ini, kita berdoa kepadaNya
agar senantiasa dijaga dan dilindungi. Begitupun kita harus
senantiasa menjaga karunia yang diberikanNYA dengan
memelihara organ peredaran darah dengan mengonsumsi
makanan bergizi, berolahraga, serta berpikiran positif.
Ananda, Pada minggu lalu kita telah mempelajari sistem
peredaran darah pada beberapa jenis hewan. Ananda juga
sudah membaca link yang telah dikirimkan. Ananda bisa
pintar kalau rajin membaca.
Tahukah Ananda? bahwa setiap bulan Oktober, Indonesia
merayakannya sebagai bulan bahasa Indonesia? Mengapa
bulan Oktober, bukan bulan lainnya? Alasan bulan Oktober
dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada
sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang
diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula
bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat,
yakni bahasa Indonesia.
Sekarang, ayo, ingat kembali! secara umum, sistem
peredaran darah pada hewan dibagi dua bagian. Ada
peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah
tertutup. Kali ini kita akan mempelajari tentang organ
peredaran darah burung . Sekarang simak video pada tautan
link berikut!
Bagaimana videonya, menarik bukan? Sekarang Ananda
telah mengetahui sistem peredaran darah, organ dan
fungsinya pada burung.
Tugas Ananda selanjutnya adalah :
1. Sebutkan organ peredaran darah pada burung!
2. Jelaskan masing-masing fungsi organ peredaran
darah pada burung!
Kerjakan di buku tugas! Setelah selesai, kirimkan jawaban ke
WA Guru Kelas!
SBDP
Kompetensi Dasar :
3.2 Memahami tangga nada
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik
Tangga Nada Mayor
Pembelajaran selanjutnya, kita akan praktik menyanyikan lagu
bertangga nada mayor. Untuk lebih memahami lagi sebaiknya
Ananda mengetahui perbedaan ciri tangga nada diatonis mayor
dan minor, yuk, ada baiknya kita tonton video pada tautan
berikut ini!
Bagaiamana videonya, menarik bukan? Karena pada kali ini kita
akan mempelajari tangga nada mayor. Ayo, ingat kembali ciri-ciri
tangga nada mayor bersifat riang gembira dan bersemangat.
Ananda, ada berbagai macam tema lagu yang dapat dinyanyikan
dengan tangga nada mayor.
Tugas ananda adalah
“Menyanyikan lagu yang bertangga nada diatonis mayor”
dengan memilih salah satu contoh judul lagu yang ada di akhir
video.
Lebih bagus lagi jika kalian bisa menyanyikannya dengan
diiringi alat musik sederhana seperti pianika ataupun seruling
bersama anggota keluarga. Atau kalian dapat memanfaatkan
benda benda yang ada di rumah sebagai alat musik pengiring.
Wah...pasti seru ya!
Kirim tugas dalam bentuk video ke WA Guru kelas!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anakanak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih
seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari
untuk materi esok hari yaitu
Persiapkan diri kalian, ya. Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang
telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita
akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa
sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
Komentar
Posting Komentar