PTM Selasa, 4 Januari 2021

Tema       : 6 ( Panas Dan Perpindahannya ) 
Subtema  : 1 ( Suhu Dan Kalor ) 
Semester : 2

IPA 
3.6 Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari. 
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran 
Setelah menyimak video dan melihat gambar, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor dan pola lantai dalam tari kreasi serta dapat menjelaskan jaring-jaring kubus daerah dengan teliti dan percaya diri. 

Pengertian Kalor

Halo Anak-anak , Apa kabar? Semoga sehat dan bersemangat.. 

Tetap Seru belajar dengan kebiasaan baru. Ingat! Agar selamat selalu ikuti panduan protokol kesehatan ya, Cek suhu tubuhmu, pakai masker selau, jaga jarak dengan temanmu jangan deketan dulu, cuci tangan selalu dengan sabun sebelum maupun sesudah beraktivitas. 

Apakah anak-anak sudah sarapan pagi ini? Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah, Hal lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga Kesehatan adalah dengan memakan makanan yang bergizi. Selain membuat tubuh menjadi sehat, imunitas tubuh juga terjaga. Anak-anak, Sarapan yang dibuat ibu di rumah pastinya dimasak menggunakan kompor dengan api panas. . 

Selain matahari, sebagai sumber panas terbesar di bumi, terdapat banyak sumber energi kalor lainnya di sekitar kita seperti api yang digunakan untuk memasak makanan. Apakah yang dimaksud dengan kalor? kalor atau panas merupakan salah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. 

Untuk lebih jelasnya, simak video pada tautan link berikut!
 
             https://youtu.be/EkFMkhnsTCg 

Dari video yang telah disimak, pastinya kalian sudah dapat menjelaskan pengertian kalor. Selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 
1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas? 
2. Jelaskan apakah pengertian kalor? 
3. Apa saja manfaat yang didapatkan makhluk hidup dari matahari? 
4. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang pernah kamu alami terkait dengan kalor/panas di depan teman-teman kelasmu!


SBDP 
3.3 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah 
4.3 Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah

Pola lantai dalam tari kreasi daerah

Anak-anak, pernahkah kalian memperhatikan sebuah pertunjukan tari? Atau mungkin kalian pernah ikut latihan menari di sanggar atau di sekolah? Pada beberapa tarian, terutama tari kelompok, para penari membuat bentuk atau formasi tertentu. Bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tari dinamakan pola lantai. 

Dalam jenis pola lantai lurus, terdapat pola lantai vertikal dan horizontal. 
Contoh pola lantai vertikal dan horizontal 


Sebelum melanjutkan, Agar lebih jelas mari kita simak video berikut ini.  

          https://youtu.be/FDZhqAUeWUM 

Bagaimana videonya? Menarik bukan? Tugas anak-anak selanjutnya adalah: 
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pola lantai dalam tarian kreasi daerah! 
2. Tuliskan nama pola lantai pada gambar tari daerah berikut!


3. Gambarlah pola lantai tari daerah lain yang kamu ketahui! 


Matematika 
3.4 Menjelaskan dan menemukan jaringjaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) 
4.4 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). 

Kubus

Gambar di atas merupakan jaring-jaring kubus dan salah satu jaring-jaringnya. Jaring – jaring kubus diperoleh dengan cara membelah bangun ruang kubus mengikuti rusuk-rusuknya, kemudian dibentangkan. Jaring-jaring kubus tersebut jika disusun akan membentuk bangun kubus. Jaring-jaring kubus terdiri dari 6 sisi yang berbetuk persegi. 

Bagaimana cara mencari luas permukaan kubus? Mencari luas permukaan kubus sama artinya dengan mencari luas jaring-jaring kubus. Perhatikan kembali jaring-jaring pada gambar (b). Jaring – jaring terdiri atas 6 sisi persegi. 
Luas permukaan kubus = Luas jaring-jaring kubus 
                                      = 6 X Luas persegi 
                                      = 6 x S x S 
                                      = 6S2 

Luas permukaan kubus = 6S2 
Contoh : 
Hitunglah luas permukaan kubus dengan panjang rusuk 6 cm. 
Jawab : 
Luas Permukaan kubus     = 6S2
                                          = 6 x 62 
                                          = 6 x 36 
                                          = 216 

Soal-soal Latihan. 
Hitunglah luas permukaan kubus yang panjang rusuknya sebagai berikut. 
1. 5 cm 
2. 7 cm 
3. 9 cm 

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya. Pelajari untuk materi esok hari pada tautan link berikut : 

Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok! Selalu taati protokol kesehatan ya, Jangan abai karena covid masih mengintai. Jangan lengah, tetap waspada! karena covid masih ada




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG