PTM 6 Januari 2022
Tema : 6 (Panas Dan Perpindahannya)
Subtema : 1 (Suhu dan Kalor)
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak video dan melihat gambar, peserta didik dapat menjelaskan isi pantun, faktor-faktor
kedatangan bangsa barat serta dapat menjelaskan jaring-jaring kubus dengan teliti dan
percaya diri.
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan
untuk kesenangan.
4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri.
Pantun
Pada
Pembelajaran sebelumnya, kita telah belajar tentang
pantun. Perhatikan pantun berikut ini:
adik menunggu di penantian,
kapan kanda pulang ke hilir.
anda bertanya tentang pengertian,
Kalor adalah panas yang mengalir.
Masih ingatkah Ananda ciri-ciri pantun?
Ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut:
1. Terdiri dari 4 baris dalam 1 bait,
2. Bersajak a-b-a-b,
3. Tiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata,
4. Sampiran pada baris 1 dan 2,
5. Isi pada baris 3 an 4.
Berdasarkan pantun di atas, pada baris 3 dan baris 4
merupakan isi pantun. Yaitu pengertian kalor adalah
panas yang mengalir.
Selanjutnya tugas Ananda adalah :
1. Tuliskan 2 contoh pantun tentang suhu dan
panas!
2. Jelaskan isi atau amanat pantun tersebut !
IPS
3.3 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan
upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan
bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kedaulatannya.
Faktor-faktor
kedatangan bangsa
barat
Kita ketahui Bersama, bahwa Indonesia merdeka pada
tanggal 17 Agustus 1945 Sebelum kita memperoleh
kemerdekaan, Indonesia mengalami peristiwa yang disebut
penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropa. Adapun faktor-faktor
penyebab penjajahan dapat disimak pada link berikut ini!
https://youtu.be/PSJXyj2vhSw
Setelah menyimak penjelasan pada video tersebut, tugas
Ananda adalah menganalisis kedatangan bangsa-bangsa
barat ke Indonesia pada tabel yang terdapat di lampiran!
Matematika
3.4 Menjelaskan dan menemukan jaringjaring bangun ruang sederhana (kubus dan
balok)
4.4 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
Jaring-Jaring Kubus
Pada pembelajaran sebelumnya Ananda sudah belajar
tentang luas permukaan pada jaring-jaring kubus. Jaringjaring bangun adalah model atau pola dari sebuah bangun
ruang yang berbentuk bangun datar. Adapun jika jaringjaring bangun ruang disatukan, akan membentuk bangun
ruang. Kali ini kita akan belajar tentang jenis jaring-jaring
kubus. Jika jaring-jaring kubus kita satukan, maka akan
membentuk bangun ruang kubus. mari kita simak berikut
ini!
https://youtu.be/D2cfsMDIyjM
Setelah menyimak video Tugas Ananda adalah: Perhatikan
gambar yang terdapat pada lampiran, tentukan gambar
mana saja yang termasuk jaring-jaring kubus dan gambarlah
dibuku tulis kalian!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi
anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan
besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3sWoIq8
Persiapkan diri kalian!
Komentar
Posting Komentar