PTM 6 Januari 2022

Tema      : 6 (Panas Dan Perpindahannya) 
Subtema : 1 (Suhu dan Kalor)

Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak video dan melihat gambar, peserta didik dapat menjelaskan isi pantun, faktor-faktor kedatangan bangsa barat serta dapat menjelaskan jaring-jaring kubus dengan teliti dan percaya diri. 

Bahasa Indonesia 
3.4 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 4.4 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Pantun

Pada Pembelajaran sebelumnya, kita telah belajar tentang pantun. Perhatikan pantun berikut ini: 

adik menunggu di penantian, 
kapan kanda pulang ke hilir. 
anda bertanya tentang pengertian, 
Kalor adalah panas yang mengalir. 

Masih ingatkah Ananda ciri-ciri pantun? Ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut: 
1. Terdiri dari 4 baris dalam 1 bait, 
2. Bersajak a-b-a-b, 
3. Tiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata, 
4. Sampiran pada baris 1 dan 2, 
5. Isi pada baris 3 an 4. 

Berdasarkan pantun di atas, pada baris 3 dan baris 4 merupakan isi pantun. Yaitu pengertian kalor adalah panas yang mengalir. Selanjutnya tugas Ananda adalah : 
1. Tuliskan 2 contoh pantun tentang suhu dan panas! 
2. Jelaskan isi atau amanat pantun tersebut !


IPS 
3.3 Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya. 
4.3 Menyajikan hasil identifikasi mengenai faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.

Faktor-faktor kedatangan bangsa barat 

Kita ketahui Bersama, bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 Sebelum kita memperoleh kemerdekaan, Indonesia mengalami peristiwa yang disebut penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropa. Adapun faktor-faktor penyebab penjajahan dapat disimak pada link berikut ini!
 
             https://youtu.be/PSJXyj2vhSw 

Setelah menyimak penjelasan pada video tersebut, tugas Ananda adalah menganalisis kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia pada tabel yang terdapat di lampiran! 




Matematika 
3.4 Menjelaskan dan menemukan jaringjaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) 
4.4 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)

Jaring-Jaring Kubus

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda sudah belajar tentang luas permukaan pada jaring-jaring kubus. Jaringjaring bangun adalah model atau pola dari sebuah bangun ruang yang berbentuk bangun datar. Adapun jika jaringjaring bangun ruang disatukan, akan membentuk bangun ruang. Kali ini kita akan belajar tentang jenis jaring-jaring kubus. Jika jaring-jaring kubus kita satukan, maka akan membentuk bangun ruang kubus. mari kita simak berikut ini! 

             https://youtu.be/D2cfsMDIyjM 

Setelah menyimak video Tugas Ananda adalah: Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran, tentukan gambar mana saja yang termasuk jaring-jaring kubus dan gambarlah dibuku tulis kalian! 


Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Esok kita akan belajar https://bit.ly/3sWoIq8 
Persiapkan diri kalian! 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG