Teks Eksplanasi " PERNAPASAN DADA DAN PERUT"

 Rabu, 9 September 2020

Ringkasan Teks Eksplanasi

Pernapasan Dada dan Perut 

          Memberikan Manfaat Berbeda Bagi Tubuh Kebanyakan orang mungkin berpikir hanya ada satu cara untuk bernapas, yaitu proses menarik napas dan menghembuskan napas. Prinsip dasarnya memang begitu. Tetapi sebetulnya ada dua cara bernapas, yaitu pernapasan dada dan perut. 

          Bernapas otomatis kita lakukan setiap waktu. Tapi tanpa disadari, kita sering hanya menggunakan sepertiga bagian atas paru-paru kita untuk bernapas. Hal itu mungkin karena sedang stres, sering terburu-buru melakukan rutinitas harian, atau mengalami gangguan pernapasan. Cara bernapas seperti ini disebut pernapasan dada atau pernapasan dangkal. 

          Yang lebih ideal adalah pernapasan perut. Bernapas dengan cara ini lebih sehat. Apa alasannya? Pernapasan perut bisa membuka pembuluh-pembuluh darah di dalam paru-paru, sehingga lebih banyak oksigen masuk ke darah. Kondisi ini akan berdampak pada meningkatnya konsentrasi dan kapasitas mental kita. Organ-organ penting untuk pernapasan perut Pada dasarnya, pernapasan dada dan perut menggunakan organ napas yang sama. Menarik napas bisa dilakukan melalui hidung maupun mulut. 

          Menarik napas yang lebih baik tentu lewat hidung. Apa alasannya? Lubang hidung memiliki bagian sistem pernapasan yang berfungsi menyaring, menghangatkan, dan melembabkan udara sebelum masuk ke paru-paru. Sementara mulut kita tidak bisa melakukan fungsi tersebut. Di bagian bawah dada dan di atas perut, ada otot besar bernama diagframa. Otot ini punya peran penting dalam proses pernapasan. 

(Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/04/050500020/pernapasan-dada-dan-perutmemberikan-manfaat-berbeda-bagi-tubuh.) Editor : Wisnubrata

Setelah kalian membaca dan pahami isi bacaan, Sekarang tugas kalian adalah :

1. Tentukan Ide pokok dari setiap paragraf teks tersebut! 

2. Buatlah ringkasan dari teks eksplanasi tersebut! 

Kalian dapat berdiskusi bersama Ayah/Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menentukan ide pokok dan membuat ringkasannya. 

Laporkan hasil pekerjaan kalian dengan mengirimkan foto tersebut ke Bapak/Ibu guru ya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

KALIMAT PENGEMBANG