3G ( Gold, Gospel, Glory )

Sejarah Indonesia meliputi rentang waktu yang sangat panjang, yang dimulai sejak zaman prasejarah yang dimulai sejak zaman prasejarah. Periode sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi lima era: 
1.Era Prakolonial
                                      
Munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha dan Islam di Jawa, Sumatra dan Kalimantan yang terutama mngandalkan perdagangan. 

2. Era Kolonial
Masuknya orang-orang Eropa ( Belanda, Portugis, dan Spayol) yang menginginkan rempah-rempah mengakibatkan terjadinya penjajahan oleh Belanda selama 3,5 abad antara awal abad ke 17 hingga pertengahan abad ke 20. Kehadiran bangsa Eropa didasari semangat 3G yaitu Gold, Gospel, dan Glory . ( kekayaan, kejayaan dan menyebarkan agama )

3. Era Kemerdekaan
Masa pendudukan Jepang dimulai pada tahun1942, setelah berhasil menghancurkan pangkalan Angkatan Laut milik Amerika Serikat Pearl Harbor di Hawaii. Jepang memulai penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember. Akibat serangan tersebut, Amerika Serikat membalas dengan menghancurkan kota Hirosima dan Nagasaki. Karena peristiwa tersebut membuat petinggi dan prajurit Jepang harus kembali ke negaranya. Keadaan ini dimanfaatkan oleh kaum muda untuk memaksa kaum tua untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. .Kemerdekaan Indonesia ternyata mendapat penolakan keras dari Belanda. Penyerangan dan perjajian yang dibuat oleh Belanda melahirkan agresi militer belanda I dan agresi militer Belanda II. Akhir dari perjalanan panjang ini berujung diakuinya kemerdekaan Indonesia secara De Facto melalui Konfrensi Meja Bundar di Den Hag. 

4. Era Orde Baru
Setelah laporan pertanggungjawaban presiden Soekarno ditolak oleh MPRS, Maka MPRS melakukan sidang untuk memilih presiden RI II, yang pada saat itu terpilihlah  Letkol. Soeharto menjadi Presiden RI II. Beliau menjabat selama 32 tahun. Masa pemerintahan Presiden Soeharti disebut masa pemerintahan orde baru ( 1966  -  1998 )

5. Era Reformasi
Adanya mosi tidak percaya terhadap pemerintahan Soeharto dan berakhir dengan pengunduran diri Soeharto sebagai presiden RI ke II. maka dimulailah Era Reformasi hingga sekarang.















Komentar

  1. Mana yg lebih diutamakan terlebih dahulu gold atau glory kah ketika mrk menginjakkan kakinya di sebuah negeri

    BalasHapus
  2. Yang lebih diutamakan adalah gold ( Kekayaan ), karena itulah tujuan utama penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa eropa, setelah kekayaan mereka dapatkan maka dengan sendirinya kemakmuran akan menyertai.

    BalasHapus
  3. Belajar sejarah bagi sebagian anak itu membosankan karena harus menghafal peristiwa, tanggal dll. Bagaimana langkah guru mengatasi hal tsb sehingga anak2 merasa enjoy belajar sejarah dan bagaimana agar anak lebihn mudah menghafal ?

    BalasHapus
  4. Betul banget, biasanya cara yang saya gunakan agar menarik ketertarikan siswa terhadap sejarah, saya selalu menyisipkan humor dan selalu mengulang tokoh, tanggal dan tempat kejadian dengan berulang kali disebutkan oleh siswa disertai tanya jawab dan menuliskannya di papan tulis.

    BalasHapus
  5. Luar biasa Bu Nia, mampu mengemas pembelajaran Sejarah menjadi menarik dan tidak membosankan. Nah, yang ingin saya tanyakan berdasarkan sudut pandang Sejarah, bagaimana dampak dari pemilihan presiden secara langsung (otomatis fungsi MPR sudah berubah) terhadap kondisi berbangsa dan bernegara di Indonesia? Terima kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

Iklan dari Media Cetak