PERLAWANAN MELAWAN PENJAJAHAN JEPANG

PERLAWANAN MELAWAN PENJAJAHAN JEPANG

Masa pendudukan jepang di Indonesia dimulai pada tahun  1942 dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. 
Penjajahan Jepang memang berlangsung singkat, akan tetapi akibat yang ditimbulkannya sungguh membuat rakyat Indonesia menderita.

Komentar

  1. Mohon penjelasannya bagaimana proses Jepang bisa menjajah Indonesia sedangkan Belanda masih menjajah Negeri Indonesia?

    BalasHapus
  2. Pada awal PD II Belanda diduduki oleh Jerman Nazi. Hindia Belanda Mengumumkan keadaan siaga dan pada Juli mengalihkaneksport untuk Jepang ke Amerika Serikat dan Inggris. Negosiasi dengan Jepang yang bertujuan untuk mengamankan persediaan bahan bakar gagal pada Juni 1941 dan Jepang memulai penaklukan Asia Tenggara di bulan Desember 1941. Dan Pada bulan yang sama, fraksi dari Sumatra menerima bantuan Jepang untuk mengadakan revolusi terhadap pemerintahan Belanda. Apalagi setelah Jepang berhasil membom pangkalan laut Amerika Pearl Harbor di Pasifik. Lima jam setelah penyerangan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Tjarda van Starkenborgh Stachhouwer menyatakan perang terhadap Jepang. Maka mulailah Jepang menguasai satu persatu wilayah doi Indonesia yang merupakan sumber minyak bumi mulai dari Tarakan, Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin dan Palembang, setelah itu mulailah menuju Pulau Jawa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memasak Bersama Keluarga

TABEL KONTINGENSI

Iklan dari Media Cetak